KECAMATAN SOKARAJA GELAR UPACARA HARDIKNAS TAHUN 2023, DAN GELAR KARYA PARADE BUDAYA DARI SMA NEGERI 1 SOKARAJA.

KECAMATAN SOKARAJA GELAR UPACARA HARDIKNAS TAHUN 2023, DAN GELAR KARYA PARADE BUDAYA DARI SMA NEGERI 1 SOKARAJA.

Suasana Halaman Pendopo Kecamatan Sokaraja kembali semarak dengan diselenggarakannya Upacara Bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, Selasa (02/05/2023).

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 ini diikuti oleh jajaran Forkompimcam mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil, Kordinator Korwilcam Dindik Sokaraja, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Kepala KUA dan juga Kepala Sekolah  SMA, SMP, SD baik Negeri ataupun Swasta serta Kepala TK dan PAUD di Kecamatan Sokaraja. Peserta dari anak didik ada juga yang ikut dari SD dan SMP yang terdekat dengan Kecamatan Sokaraja. Dalam Upacara tersebut dibacakan pidato Peringatan Hardiknas oleh Camat Sokaraja, Jakarta Tisam, S.STP, M.Si selaku Pembina Upacara.

Selain itu dalam peringatan Hardiknas yang mengangkat tema”Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” menjadi pokok pidato Mendikbud. Kurikulum yang berawal dari upaya membantu guru dan murid di masa pandemic, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka telah diterapkan di lebih dari 140.000 Satuan Pendidikan di seluruh Indonesia.

“Saudara saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan Gerakan Merdeka Belajar. Transformasai yang massif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita,” ujar Mendikbud yang dibacakan oleh Jakarta Tisam, S.STP, M.Si.

Seusai upacara Peringatan Hardiknas, para peserta mengadakan tasyakuran dengan makan tumpeng bersama. Dalam tasyakuran tersebut Jakarta Tisam, S.STP, M.Si selaku Camat Sokaraja memberikan sambutan bahwa kegiatan Upacara dilanjutkan tasyakuran dan Gelar Budaya harapannya sesuai dengan motto SPC yaitu Sokaraja Punya Cerita.

Dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng oleh Camat Sokaraja, Jakarta Tisam, S.STP, M.Si dan diberikan kepada Kordinator Korwilcam Dindik Sokaraja, Dra. Kun Martini. Setelah selesai tasyakuran, para peserta menyaksikan Gelar Karya Parade Budaya, P5 Bhinneka Tunggal Ika dari SMA Negeri 1 Sokaraja.

Gelar Karya – Parade Budaya, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bhinneka Tunggal Ika dengan Tema Parade Budaya Nusantara sebagai Wujud Keberagaman dan Nasionalisme di Masyarakat.

“Harapannya Parade Budaya ini dapat memberikan edukasi terhadap peserta didik dan masyarakat untuk mengetahui dan bangga akan kekayaan Budaya yang sangat beragam yang dimiliki oleh Nusantara. Namun dari kebergamanitu tetap Bhinneka Tunggal Ika, meski berbeda beda tetapi tetap satu Indonesia,” jelas Drs. Kuat Risyanto, selaku Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja.

Kegiatan Gelar Karya P5 tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sokaraja yang berjumlah kurang lebih 350 anak, yang setiap kelas mengusung Budaya di tiap  Provinsi yang berbeda beda. “Kelas X yang berjumlah 10 kelas memilih 10 provinsi yaitu mulai dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua,” tegas Harris Arfan Setiadi selaku Koordinator P5.

Kegiatan Gelar Karya dilaksanakan di Halaman Pendopo Kecamatan dengan suasana teriknya matahari tetapi tidak mengurangi semangat siswa kelas X dalam menampilkan karya-karya mereka. Property yang dipakai dalam tampil P5 tersebut merupakan hasil siswa selama mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan penonton pun sangat semarak. (Sutriono)

Related Posts

Komentar