Sekretaris

Nama Jabatan : Sekretaris Dinas Pendidikan

a. Ringkasan Tugas : Memimpin dan melaksanakan perumusan konsep kebijakan, mengoordinasikan dan pelaksanaan kebijakan, pembinaan, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi perencanaan, keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, ketatausahaan, kerumahtanggaan, kepegawaian, pelayanan administrasi dan kearsipan di lingkungan Dinas Pendidikan.

b. Uraian Tugas :

  1. menyusun rencana operasional Sekretariat berdasarkan program kerja Dinas Pendidikan serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. mendistribusikan tugas kepada bawahannya sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;
  3. memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di Sekretariat sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. menyelia pelaksanaan tugas bawahan di Sekretariat secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;
  5. merumusan konsep kebijakan dalam pelaksanaan kebijakan dan program kerja Sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna memberikan bahan pertimbangan bagi pimpinan;
  6. mengoordinasikan dan melaksanakan kebijakan dan program kerja Sekretariat yang meliputi :
    1. perencanaan;
    2. keuangan;
    3. kerumahtanggaan dan perlengkapan;
    4. organisasi dan tatalaksana;
    5. kepegawaian;
    6. pelayanan administrasi;
    7. hukum;
    8. kehumasan dan keprotokolan;
    9. kearsipan dan perpustakaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna kelancaran pelaksanaan program;
  7. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi dan monitoring pelaksanaan program kerja Sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna menjamin kesesuaian pelaksanaan kebijakan dan program kerja;
  8. memvalidasi administrasi pelaksanaan kebijakan dan program kerja sekretariat sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna menjamin tertib administrasi;
  9. mengevaluasi pelaksanaan kebijakan dan program kerja Sekretariat serta pelaksanaan tugas bawahan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugastugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;
  10. menyusun laporan pelaksanaan kebijakan dan program kerja sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;
  11. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.