Dindik Banyumas akan Menggelar PPDB Online pada Tahun Pelajaran 2015/2016

Dindik Banyumas akan Menggelar PPDB Online pada Tahun Pelajaran 2015/2016

Setidaknya lebih dari 100 sekolah jenjang SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Banyumas dipastikan akan menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru secara online pada tahun ajaran baru 2015/2016. Kepastian tersebut disampaikan oleh Joko Wiyono, Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Banyumas saat memberikan sambutan kepada 330 peserta pelatihan aplikasi PPDB Online bersama Pustekkom Kemdikbud yang dilaksanakan di Gedung Roediro Unsoed Purwokerto, Senin 1 Juni 2015.

 

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara lebih detail tentang alur dan  pelaksanaan PPDB Online. “Ini adalah tahun ke-2 bagi Kabupaten Banyumas menggelar sistem PPDB secara online. Dinas Pendidikan menaruh harapan besar kepada pada supervisor dan operator sekolah yang menjadi ujung tombak saat pelaksanaannya nanti” sambut Sekretaris Dindik yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Menengah ini. “Semua SMP Negeri, SMA Negeri dan SMK Negeri akan tergabung dalam PPDB Online ini, juga beberapa sekolah swasta” tambahnya.

 

Pelatihan teknis yang dihadiri oleh Operator, Supervisor dan Kepala Sekolah ini mengulas tentang review pelaksanaan PPDB 2014/2015, teknis pelaksanaan serta kemungkinan kendala yang dihadapi saat berlangsungnya PPDB Online nanti.

 

Kasubbag Bina Program Dindik Banyumas Ari Kusyono menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah yang signifikan terhadap sekolah peserta penyelenggara PPDB Online dari 14 sekolah pada tahun 2014/2015 menjadi lebih dari 100 sekolah pada tahun ajaran baru mendatang. “Banyumas mengikutsertakan lebih dari 100 sekolah, terbanyak di Jawa Tengah” sambungnya.

 

Salah satu keuntungan yang diperoleh lewat layanan online ini adalah calon peserta didik maupun orang tua siswa dapat memilih 3 (tiga) sekolah sekaligus dalam satu kali pendaftaran. Jika point calon peserta didik kalah bersaing dengan calon lainnya, maka aplikasi PPDB akan secara otomatis memindahkan pendaftar yang bersangkutan ke pilihan 2 dan seterusnya tanpa harus mencabut berkas pendaftarannya. Juga tersedia jurnal online pada laman http://banyumas.ppdb.kemdikbud.go.id yang dapat diakses setiap saat baik melalui komputer maupun smartphone.

 

“Calon peserta didik akan bersaing secara fair baik dari perolehan nilai Ujian Nasional/Sekolah, serta piagam/sertifikat bidang akademis/non akademis yang diakui dan dimiliki oleh siswa. Jumlah rombel serta kuota baik dari dalam maupun luar Banyumas telah diatur sedemikian rupa sehingga tidak merugikan sekolah maupun calon peserta didik” tambah kasubag Bina Program.

 

Pendaftaran PPDB Online akan dibuka tanggal 15 s/d 18 Juni 2015 untuk jenjang SMA/SMK dan 22 s/d 25 Juni untuk jenjang SMP.

 

Hendriawan Widiatmoko selaku narasumber dari Pustekkom Kemdikbud menyampaikan rasa salut dan terima kasihnya atas antusiasme yang begitu tinggi terhadap sekolah di Banyumas yang berkomitmen untuk memberikan layanan objektif, transparan dan akuntabel yang diwujudkan melalui PPDB Online Kemdikbud ini.

(sunarto-dindik bms)

Related Posts

Komentar