Penguatan Guru dalam Mengelola Pendidikan Inklusi pada Sekolah

Penguatan Guru dalam Mengelola Pendidikan Inklusi pada Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas melaksanakan "Bimbingan Teknis : Penguatan Guru dalam Mengelola Pendidikan Inklusi pada Sekolah Formal Jenjang Sekolah Dasar" yang dilaksanakan pada hari Selasa s.d. Rabu, 8 s.d. 9 Oktober 2024 bertempat di Meotel Purwokerto by Dafam dengan jumlah peserta bimtek sebanyak 60 orang guru.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. H. Joko Wiyono MR, M.Si. didampingi Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Edi Saptono, S.Pd., M.Pd. dan Kasi PGTK SMP yang juga Plt. Kasi PGTK SD Lutfi Hidayat, S.Pd.

Narasumber yang memberikan materi pada kegiatan ini Pamong Belajar UPTD Layanan Disabilitas Kab. Sidoarjo Windi Harsanti, S.Pd. dan Psikolog UPTD Layanan Disabilitas Kab. Sidoarjo Alvie Syarifa, M.Psi.

Drs. H. Joko Wiyono MR, M.Si. menyampaikan "Bimtek ini merupakan salah satu tindaklanjut Deklarasi Kabupaten Banyumas pada Tahun 2016 sebagai Kabupaten Inklusi dan ini merupakan salah satu bagian untuk mempercepat Terwujudnya UPTD yang menangani Disabilitas/Inklusi di Kabupaten Banyumas".

Ka Dindik juga mengharapkan, dengan diawalinya para Guru diberi pembekalan untuk bagaimana cara yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk belajar bersama, tanpa memandang kondisi yang dimiliki. Dalam pendidikan inklusif, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) belajar bersama dengan anak pada umumnya di dalam satu kelas yang sama.

"Ambil dan serap semua ilmu yang diberikan oleh narasumber pada kegiatan bimtek ini. Setelah itu terapkan di sekolah masing-masing, sehingga anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat menerima pendidikan yang sama dengan perlakuan khusus".

#betterbanyumas
#dindikbanyumas
#daribanyumasmenginspirasiindonesia

 

Related Posts

Komentar