Dengan Panembromo Kita Cintai Budaya Bangsa

Dengan Panembromo Kita Cintai Budaya Bangsa

Sebanyak 16 (enam belas) kelompok peserta mengikuti Lomba Panembromo yang digelar di Gedung GSM Dindik Banyumas, Selasa (20/08/2024).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini  diinisiasi oleh Ketua Paguyuban Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dr. Helmy Indra Dewi Joko Wiyono diikuti oleh anggota DWP dari unsur Eks Kawedanan, Subrayon SMP, SKB dan Satu Atap Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Panembromo merupakan sebuah 'tembang' atau nyanyian yang dilakukan bersama-sama bisa diiringi dengan musik maupun tanpa musik. Panembromo disajikan layaknya paduan suara yang menyuguhkan penampilan musik dengan lirik bahasa jawa atau langgam jawa.

Panembromo umumnya berisikan sebuah pesan moral ataupun cerita yang disampaikan dalam bentuk olah vokal dengan durasi sekitar 4 hingga 7 menit.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus sebagai salah satu upaya untuk nguri-uri  serta promosi budaya daerah,” ujar dr. Helmy.

Lebih lanjut disampaikan bahwa banyak bakat terpendam yang bisa dikembangkan dari ibu-ibu Dharma Wanita serta mengenalkannya kepada putra-putrinya.

“Sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menghidupkan dan nguri-uri budaya di lingkungan sekitar kita,” tambahnya.

Ketua DWP Dindik juga berpesan kepada segenap peserta agar tidak jumawa saat menjadi pemenang dan tidak perlu berkecil hati saat kalah dalam perlombaan.

Setelah melalui penilaian dewan juri yang beranggotakan Carlan, S.Sn, Sriyono, S.Pd dan diketuai oleh budayawan Sungging Suharto diputuskan yang menjadi berhak mendapatkan nilai terbaik sebagai berikut :

Juara I : Eks. Kawedanan Sumpiuh (skor 982)

Juara II : Eks. Kotip Purwokerto (skor 971)

Juara III : Eks. Kawedanan Ajibarang (skor 960)

Harapan I : Subrayon 01 Purwokerto (skor 950)

Harapan II : Subrayon 05 Sumpiuh (skor 942)

Harapan III : Eks Kawedanan Banyumas (skor 940)

“Dengan Panembromo Kita Cintai Budaya Bangsa”

(sunarto-20082024)

Related Posts

Komentar