“Menjadi Guru Kreatif di Era Digital”

“Menjadi Guru Kreatif di Era Digital”

Kompetensi Digital menjadi hal penting di Era Digital. Guru dituntut untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi digital agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang serba cepat dan canggih. 

Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas menyikapi permasalahan tersebut. Webinar menjadi alternatif untuk solusi.

Kegiatan ini direspons dengan sangat positif oleh Ketua Kordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kecamatan Sokaraja, Dra  Kun Martini, yang juga Narasumber pada webinar ini. Ketua Korwil sekaligus membuka acara webinar.

Dalam sambutannya, Ibu Kun menyampaikan bahwa PKB Guru saat ini ini hendaknya berkaitan dengan kompetensi digital. Oleh karena itu, tema webinar atau kalau boleh dikatakan kegiatan ini sebagai Bimbingan Teknis (Bimtek) kali ini sangat cocok dengan tuntutan zaman.”. demikian Ibu Kun menyampaikan.

Sedangkan Narasumber yang juga  Pengawas PAI wilayah Sokaraja  Dr. Hj. Siti Nur Hidayati, M.Pd., (Ibu Inung) yang kebetulan juga merupakan Instruktur Nasional Ditpai Kemenag RI dan Narasumber Nasional Kurikulum Merdeka pada Kemdikbudristek meyampaikan materi tentang Kompetensi Digital yang diawali dengan membangun Digital Mindset, Cyber Pedagogy, serta pengenalan cara membuat beberapa aplikasi dan pemanfaatan Google Workspace For Education. Inung menyampaikan bahwa “Untuk kali ini pengenalan terlebih dahulu, dan pada kegiatan berikutnya Guru akan dilatih praktik memanfaatkan Google Workspace For Education sekaligus bagaimana memanfaatkan atau mengimplementasikan platform kinerja Guru dan Pengawas, seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM), Smarttendik, dan akun belajaragama.id”.  

Kegiatan yang dilaksanakan pada 03 April 2023 melalui zoom dan live streaming Youtube ini diikuti  oleh semua guru PAI di wilayah kecamatan Sokaraja dan diikuti pula oleh guru-guru lain karena webinar ini diselenggarakan untuk umum juga.  “Para peserta sangat senang mendapatkan materi ini dan berharap sering mendapat pembinaan seperti ini”, demikian disampaikan oleh Ulfah Zuraida, S.Pd.I Ketua KKG PAI Kecamatan Sokaraja.

Dalam kesempatan terpisah Kasi Pais Kankemenag Kab. Banyumas Agus Setiawan, S.Sos. I.,menyampaikan pentingnya para Guru PAI sebagai ujung tombak implementasi kurikulum untuk meningkatkan  kompetensi digital, karena tuntutan zaman memang mengharuskan guru menguasai teknologi informasi. Guru memang tidak akan tergantikan oleh siapa pun. Namun, Guru yang tidak mau menyentuh teknologi akan digantikan oleh teknologi”, demikian ungkapnya.

Sokaraja, 03 April  2023. Report by Ratih KD

Related Posts

Komentar