Bupati Pamit : Pendidikan Kunci Kemakmuran Sebuah Bangsa …

Bupati Pamit : Pendidikan Kunci Kemakmuran Sebuah Bangsa …

Menjelang berakhirnya masa jabatan pada 24 September 2023, Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein dan Wakil Bupati Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, M.M pamit dengan keluarga besar Dinas Pendidikan, Senin (11 September 2023).

Acara yang digelar bersamaan dengan apel pagi dilangsungkan di halaman kantor Dinas Pendidikan, Jl. Perintis Kemerdekaan Purwokerto dihadiri tidak kurang dari 500 peserta apel yang terdiri dari unsur Pimpinan dan karyawan, kepala sekolah, pengawas, penilik, guru, tutor, MKKS, MGMP, KKKS, organisasi mitra Dindik hingga tenaga harian lepas.

“Selama 15 tahun saya mengabdikan diri menjadi wakil bupati dan bupati Banyumas, tentu sebagai manusia biasa saya pasti mempunyai kesalahan dan kekurangan”, sambut Bupati.

“Suka atau tidak suka yang terpenting saya sudah minta maaf atas kesalahan yang terjadi, sing penting aku wis njaluk ngapura”, selorohnya sambil diikuti tawa lepas peserta apel.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan banyak terima kasih atas prestasi, dedikasi, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas kepada segenap keluarga besar Dinas Pendidikan selama masa kepemimpinannya baik saat menjadi wakil bupati maupun saat menduduki jabatan Bupati semenjak 2013 lalu.

“Bahwa sebagai bupati saya hanya di atas meja, namun eksekusinya ada di bawah, terima kasih atas semua pihak yang telah bekerja keras untuk kemajuan bangsa, kuncinya satu yakni pendidikan,” urainya.

Bupati Achmad Husein menambahkan bahwa di negara maju rata-rata pendidikan warga negaranya adalah sarjana, minimal diploma, dan sejarah membuktikan bahwa pendidikan akan berbanding lurus dengan kemakmuran sebuah bangsa.

“Pendidikan tinggi yang dibarengi dengan kekuatan karakter, apapun masalahnya akan dapat diurai, dapat diatasi,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya Bupati berpesan kepada semua insan dan keluarga Dinas pendidikan untuk bisa berpikir antisipatif, jernih dan tidak emosional.

“Kita harus antisipatif tentang kemungkinan-kemungkinan yang ke depan terjadi, jadi berpikirlah secara komprehensif, menyeluruh dan jangan emosional,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama sambil mendampingi Bupati, Sadewo Tri Lastiono juga berpamitan kepada segenap peserta apel.

“Saya berangkat dari swasta yang pada awalnya tidak paham dengan birokrasi, saya berterima kasih banyak kepada Bapak Bupati setelah 5 tahun ini belajar bersama beliau, sekaligus permohonan maaf kepada semua pihak manakala ada kesalahan yang saya perbuat.” Ucap Sadewo.

“Sebagai anak ke-13 dari seorang guru, saya ingat betul pesan-pesan orang tua saya tentang apa itu falsafah pendidikan,dan saya selalu berusaha untuk mewujudkan harapan dan cita-cita orang tua,” pungkasnya.

 

(sunarto-11092023)

Related Posts

Komentar