Semangat Berkarya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Semangat Berkarya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

SMP Negeri 4 Purwokerto bersama Dinas Pendidikan Kab.Banyumas menyelenggarakan In House Training dari tanggal 3 -11 Juni 2022 dengan  55 peserta.  Tema yang diambil IHT Implementasi Kurikulum Merdeka, Review KTSP dan Penyusunan RKAS Tahun Pelajaran 2022/2023.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai persiapan bagi seluruh guru karyawan dalam merespon kebijakan pemerintah yaitu Kemendikbudristek melalui dirjen GTK tentang Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka). 

Hal tersebut disampaikan Kepala SMPN 4 Purwokerto Bapak Drs. Budi Handoyo, M.Pd dalam sambutannya.  Beliau mengajak kepada bapak ibu guru karyawan untuk mempersiapkan diri dalam IKM dengan kategori dua yaitu Mandiri Berubah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ibu Irawati,SE berkenan membuka acara dan menyampaikan kebijakan Dindik dalam IKM.  Beliau memberikan semangat kepada seluruh peserta, pendidikan kita perlu kembali ke tiga filosofi Ki Hadjar Dewantara. Guru adalah garda terdepan untuk perubahan pendidikan. Guru diuji kompetensinya dalam merdeka belajar untuk kemajuan pendidikan Negeri. 

Narasumber IHT adalah Ibu Alfa Kristanti,S.Pd.,M.Pd, pengawas SMP Dindik Kab.Banyumas.  Selain penyampaian materi IKM, beliau memberi kesempatan peserta untuk langsung mempraktekkan secara kolaboratif memetakan Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan dilanjut penugasan.

Pada akhir kegiatan peserta diberi tugas untuk menghasilkan produk berupa dokumen KTSP dan dokumen administrasi guru. Semangat berkarya !! (Hena Fitri/SMPN 4 Pwt).

Related Posts

Komentar