LAUNCHING BUKU KEMILAU PERAK 25 TAHUN SMP NEGERI 3 SOKARAJA

LAUNCHING BUKU KEMILAU PERAK 25 TAHUN SMP NEGERI 3 SOKARAJA

Kegiatan yang dilaksanakan 18 Agustus lalu dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Kabid Perpustakaan, Ketua Komite, Pimpinan Penerbit SATRIA Publisher, Pewarta Cetak/Elektronik, guru (Penulis buku) dan Pengurus OSIS (Penulis buku).

Acara diawali dengan laporan ketua panitia, Diana Erlinawati, S.Si. yang menjelaskan tentang selayang pandang diadakannya Launching Buku Kemilau Perak 25 Tahun SMP Negeri Sokaraja. Dengan memperhatikan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, sekolah diharapkan melakukan pembiasaan–pembiasaan yang mendukung hal dimaksud diantaranya adalah memberikan waktu pada peserta didik untuk membaca buku selain buku pelajaran. Berkenaan hal tersebut di atas SMP Negeri 3 Sokaraja ikut menumbuhkembangkan budaya literasi dengan melaksanakan Launching Buku Karya Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Juga sebagai persembahan dalam rangka memperingati 25 tahun SMP Negeri 3 Sokaraja

Dilanjutkan sambutan oleh Kepala Sekolah Agus Subagyo, S.Pd.,S.IP., M.M.Pd. yang menjelaskan tujuan Launching Buku Kemilau Perak 25 Tahun SMP Negeri 3 Sokaraja adalah:

  1. Menambah semangat bagi guru dan siswa yang telah berhasil menulis karya berupa
  2. Menumbuhkan semangat dan motivasi bagi guru dan siswa yang belum menghasilkan
  3. Menumbuhkan minat membaca bagi guru dan
  4. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi
  5. Mendukung kegiatan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan pada perpustakaan

Prosesi Launching Buku dimulai dengan penyerahan secara simbolis buku dari Penerbit kepada Kepala Sekolah. Kemudian Kepala Sekolah menyerahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati, SE., untuk dilaunching. Setelah buku diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Selanjutnya pemberian cindera mata dari Kepala Sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Kabid Perpustakaan Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas.

Buku-buku yang dilaunching pada acara tersebut berjumlah 30 judul, yang ditulis oleh Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Dengan rincian sebagai berikut: 1 Buku kumpulan puisi karya Kepala Sekolah, 1 buku kumpulan geguritan karya guru, 1 buku religi karya guru, 1 buku konversi dari PTK karya guru, 1 buku kumpulan cerpen karya guru, 1 buku kumpulan cerpen karya siswa, 1 buku kumpulan pantun karya guru, 22 buku kumpulan puisi karya guru. Semunya adalah karya solo/individu. Dan 1 buku kumpulan puisi karya bersama pengurus OSIS.

Sebagian besar buku diselesaikan pada 7 bulan terakhir. Buku kumpulan puisi yang dilaunching sebagian besar adalah hasil dari Pelatihan Menulis Buku Kumpulan Puisi Selama 30 Hari bersama Bunda Nina yang diadakan oleh KP3N (Komunitas Penulis Pendidik dan Pelajar Nusantara). Melalui Program SAMI SEPI (Satu Minggu Sepuluh Puisi).

Semoga buku-buku yang dilaunching dapat menjadi manfaat bagi semua pihak, khususnya para pecinta literasi, serta dapat menjadi referensi dan penyemangat sesama guru dan siswa, penulis/calon penulis. Selain itu, 30 buku ini dapat menambah koleksi/referensi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas. Dan Semoga dapat menginspirasi sekolah lain atau bahkan dapat menjadikan SMPN 3 Sokaraja sebagai salah satu SEKOLAH LITERASI di Kabupaten Banyumas.

 

 

Related Posts

Komentar