Hujan menyapa saat rindu menggelora

Hujan menyapa saat rindu menggelora

Hujan menyapa saat rindu menggelora Rindu menggelora saat hujan menyapa

Hujan dan rindu seakan tak dapat terpisahkan Datangnya pun dapat saja bersamaan

PELUNCURAN BUKU ANTOLOGI PUISI KP3N (KOMUNITAS PENULIS PENDIDIK DAN PELAJAR NUSANTARA), SABTU, 20 MARET 2021, BERTEMPAT DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO

Dihadiri Oleh: Wakil Bupati Banyumas (Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Kepala Sekolah SD-SMP Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Perwakilan Komunitas Seni/Sastra Banyumas dan sekitarnya, Penerbit SIP Publishing, Pewarta Cetak/Elektronik, serta Penulis Anggota KP3N.

Acara dibuka dengan penjelasan selayang pandang diadakannya Peluncuran Antologi Puisi Hujan Gelorakan Rindu yang berkaitan dengan HARI PUISI SEDUNIA 2021, oleh pemrakarsa yang juga Ketua KP3N: Bunda Nina (Diana Erlinawati, S.Si.), kemudian dilanjutkan Motivasi serta Pengarahan oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Banyumas yang juga Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas: Drs. Sadewo Tri Lastiono. 

Peluncuran Buku ditandai dengan pemukulan Gong oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, kemudian penyerahan secara simbolis Buku dari Penerbit dan Ketua KP3N kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas: Irawati, SE. dan Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas: Drs. Joko Wikanto. 

Hujan Gelorakan Rindu adalah buku antologi/kumpulan puisi karya perdana para penulis aggota KP3N (Komunitas Penulis Pendidik dan Pelajar Nusantara), berisi 81 judul, yang ditulis oleh 43 penulis yang terdiri dari 1 Kepala Dinas Pendidikan, 1 Ketua MKKS SMP, 2 orang dosen, 1 orang pengawas, 8 Kepala Sekolah, 28 guru dan 1 mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia, serta 1 mahasiswa Indonesia yang tinggal di Maroko. Isi buku ini diawali dengan puisi Karya Perdana Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ibu Irawati. Dan diakhiri dengan epilog oleh Pak Trisnatun yang merupakan Kepala SMP N 1 Wangon. Buku ini disusun oleh Admin Komunitas, yaitu: Bunda Nina, yang juga founder dan pemrakarsa komunitas KP3N.

Komunitas ini berdiri di bulan Desember 2019. Awalnya adalah grup kepenulisan melalui medsos WhatsApp. Yang memiliki tujuan menjadi wadah bagi penulis pendidik dan pelajar se-Nusantara untuk dapat menuliskan ide atau apa pun bakat yang ada menjadi sebuah buku, baik buku solo (pribadi) atau pun buku antologi. Beranggotakan para penulis yang mayoritas berlatar belakang sebagai pendidik dan pelajar dari seluruh Nusantara.

Saat ini anggota KP3N terbagi dalam 2 grup besar dengan admin utama Mas Dede dan Bunda Nina. Grup pertama dengan Admin Mas Dede (seorang kepala SDN Bruno di Purworejo) beranggotakan penulis pendidik dan pelajar untuk wilayah Kebumen, Purworejo, Magelang, Yogyakarta, Mojokerto, Sidoarjo dan sekitarnya. Sedangkan untuk grup kedua dengan Admin Bunda Nina (seorang guru IPA di SMPN 3 Sokaraja) beranggotakan penulis pendidik dan pelajar untuk wilayah Barlingmascakeb, Yogyakarta, Jawa Timur, DKI Jaya, Jawa bagian Barat, Sumatera, Sulawesi dan Nusa Tenggara serta ada pula dari luar negeri. Anggota saat ini tercatat sekitar 500 orang. Meskipun Komunitas ini masih berusia muda, namun telah mampu menghasilkan karya-karya dan kegiatan daring yang cukup banyak dan beragam.

Pada tahun 2020 KP3N telah melaksanakan beberapa kegiatan/pelatihan kepenulisan di antaranya: Menulis Buku Cerita Anak, Buku Teks Pelajaran, Buku Cerpen, Buku Novel, dan Buku Kumpulan Puisi untuk Pemula periode 1. Pada bulan Oktober 2020, KP3N mengadakan Pelatihan Menulis Buku Kumpulan Puisi 30 Hari melalui program SAMI SEPI (Satu Minggu Sepuluh Puisi), dengan hasil dari program tersebut adalah 25 buku karya anggota KP3N sudah diterbitkan menjadi buku solo (pribadi) pada bulan November 2020- Januari 2021. Kemudian Admin menyusun sebuah buku Antologi Puisi yang saat ini kami Launching. Seluruh buku karya anggota ikut dipamerkan dan para penulisnya pun hadir di sini. Kegiatan KP3N pun dilanjutkan pada tahun 2021, di mana telah selesai pula Pelatihan Menulis Buku Kumpulan Puisi untuk Pemula melalui program SAMI SEPI (satu minggu sepuluh puisi) periode 2. Seluruh pelatihan kepenulisan tersebut diberikan secara Cuma-Cuma atau Gratis sebagai perwujudan Admin KP3N untuk berbagi ilmu kepada setiap insan agar gairah berliterasi tetap tumbuh dan berkembang, meski di masa pandemi ini.

Kegiatan Peluncuran buku Antologi Puisi ini bersamaan dengan peringatan Hari Puisi SeDunia yang jatuh pada tanggal 21 Maret. Sejalan dengan visi UNESCO sebagai organisasi pendidikan PBB, mengharapkan pada Hari Puisi Dunia, maka instansi-instansi pemerintah, guru-guru, komunitas-komunitas, dan individu diminta untuk berpartisipasi dan berkesempatan memperkenalkan puisi kepada anak-anak dan masyarakat sebagai sarana menarik minat dan bakat kepenulisan. Sehingga momen kegiatan sangat tepat, dan sebagai wadah komunitas baru, wajar bila kami memperkenalkan diri serta mengajak siapa pun untuk berliterasi, termasuk dalam hal Puisi.

Tiada kerinduan yang tak bergelora Tiada hujan yang tak bermakna Suara hujan yang bergemuruh

Dapat menggelorakan rindu menyeluruh

CP: Bunda Nina/Diana Erlinawati, S.Si. (Guru IPA SMPN 3 Sokaraja), 082136436568

Info: KP3N (Komunitas Penulis Pendidik dan Pelajar Nusantara)

HARI PUISI SEDUNIA 2021

KP3N meluncurkan Buku Antologi Puisi "HUJAN GELORAKAN RINDU" berisi: 81 judul puisi dari 43 penulis pendidik dan pelajar di Nusantara, Sabtu 20 Maret 2021 di SMPN 1 Purwokerto, Jawa Tengah.

Dihadiri Wakil Bupati Banyumas (Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Ketua MKKS SMP Kabupaten Banyumas, Kepala-kepala Sekolah SMP-SD di Kabupaten Banyumas, Perwakilan Komunitas Seni/Sastra/Budayawan Banyumas dan sekitarnya, serta penulis buku sekaligus anggota KP3N yang berada di Banyumas dan sekitarnya. 

Setelah pemukulan gong sebagai tanda resminya Buku Antologi Puisi KP3N " HUJAN GELORAKAN RINDU", dilanjutkan pembacaan puisi oleh anggota KP3N, beberapa kepala sekolah, dan perwakilan komunitas seni/sastra. Puisi yang paling berkesan adalah sebuah puisi perdana karya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang dibacakan oleh anggota KP3N.

Selain itu, turut dipamerkan buku-buku puisi pribadi (solo) karya anggota KP3N yang terbit antara bulan Nopember 2020-Januari 2021, berjumlah 25 judul buku hasil Pelatihan Menulis Puisi 30 Hari dalam program SAMI SEPI (Satu Minggu Sepuluh Puisi) oleh Bunda Nina (Diana Erlinawati, S.Si.), seorang guru IPA di SMPN 3 Sokaraja, Banyumas. Bunda Nina (Bu Diana) adalah Ketua Umum KP3N sekaligus pemrakarsa acara peluncuran buku antologi puisi kali ini.

CP: Bunda Nina/Diana Erlinawati, S.Si. (Guru IPA SMPN 3 Sokaraja), HP: 0821-3643-6568

  

Related Posts

Komentar