Segala yang Terucap akan Menguap, Segala yang Tertulis akan Membeku Bersama Waktu

Segala yang Terucap akan Menguap, Segala yang Tertulis akan Membeku Bersama Waktu

Sukses Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Populer  Lab. Jaka Sembung SMP N 1 Wangon

‘Verba Volant, Scripta Manent’

Sejalan dengan tuntutan pengembangan kemampuan literasi, peran pendidik dan tenaga kependidikan sangat penting untuk mendorong iklim dan terus meningkatkan kemampuan baca tulis diberbagai bidang. Diera disrupsi sekarang ini, kemampuan membaca dan menulispun masih sangat dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran hingga pengembangan karier diri. Terlebih lagi pasca menulis inilah, tuntutan publikasi ilmiah juga turut menjadi tuntutan para pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bukti pengabdian mereka kepada masyarakat.

Keberadaan Padepokan Jaka Sembung (Jaringan Kami Selalu Tersambung) di SMP N 1 Wangon menjadi peluang dan tantangan untuk bersama-sama mewujudkan insan pendidik dan tenaga kependidikan yang makin melek literasi sekaligus melek media. Apalagi secara kapasitas tentunya para pendidik dan tenaga kependidikan punya kecakapan dalam berkolaborasi dan beradaptasi dengan kondisi dan kebutuhan jaman sekarang ini. Kebutuhan akan literasi ini juga menjadi tuntutan kemampuan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan.

Memahami kebutuhan para pendidik untuk pentingnya publikasi karya ilmiah secara populer kepada masyarakat inilah, SMP Negeri 1 Wangon bekerja sama dengan Suara Merdeka sebagai media massa dengan sebaran Jawa Tengah-DIY dan Jakarta mengadakan kegiatan penguatan literasi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Wangon. Dengan adanya pelatihan penulisan artikel ilmiah populer ini, transformasi ilmu dan pengetahuan para pendidik dan tenaga kependidikan akan lebih optimal kepada masyarakat dan berdampak nyata bagi kemajuan pendidikan.

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 1 Wangon Tahun Pelajaran 2020/2021”. Mempunyai tujuan antara lain :

  1. Peserta dapat memperoleh wawasan, pengetahuan, pemahaman, dan pengembangan tentang penulisan artikel ilmiah populer.
  2. Peserta dapat memperoleh keterampilan untuk menulis artikel ilmiah populer.
  3. Peserta dapat menulis karya tulis ilmiah populer yang layak muat dan terbit di media massa.

Peserta terdiri dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 1 Wangon berjumlah 48 orang yang dibagi menjadi tiga kolompok. Waktu kegiatan pelatihan terdiri dari tiga gelombang yaitu: Kelompok A, tanggal 8 s.d. 11 Februari 2021, Kelompok B, tanggal 15 s.d. 18 Februari 202, Kelompok C, tanggal 22 s.d. 25 Februari 2021. Pelatihan penulisan ilmiah populer bagi pendidik dan tenaga kependidikan ini nantinya dilaksanakan dalam waktu 36 jam dengan cara daring maupun luring.

Mengingat kondisi Pandemi Covid-19 sekarang ini, diprioritaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Meski dilaksanakan secara daring dan luring namun tak mengurangi jam hingga substansi dan materi dari pelatihan ini. Dengan pelaksanaan pelatihan ini para peserta yang merupakan para pendidik dan tenaga kependidikan dapat mendapatkan materi teori dan praktik langsung sekaligus pendampingan kepenulisan ilmiah populer hingga bisa layak dimuat di media massa.

Untuk waktu menyesuaikan dengan kondisi para peserta dan pemateri yang akan dibahas bersama. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, penugasan dan praktik. Kegiatan daring dilaksanakan di tempat masing-masing. Kegiatan luring dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wangon.

Nara sumber dan fasilitator pelatihan ini adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Kepala Sekolah, dan Tim Suara Merdeka. Pelatihan ini sangat sukses dan bermanfaat bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Wangon. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah artikel yang lahir dari seluruh peserta mencapai 95, 3%. Artikel ilimah populer hasil tulisan pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Wangon  tayang secara bertahap pada E paper Suara Merdeka.

 

Tayang pertama edisi Kamis wage,  tanggal 4 Maret 2021. Artikel ilmiah popular hasil tulisan pendidik dan tenaga pendidik akan dikemas menjadi sebuah buku “Kumpulan Artikel Ilmiah Populer Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 1 Wangon”. Panitia Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Populer telah melaporkan hasil dan tindak lanjut Pelatihan ini kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan ibu kepala dinas merespon dan memberi apresiasi dengan sangat positif. Karena pelatihan ini merupakan bentuk aksi nyata kegiatan literasi di sekolah. (Yuniati, Tendik SMP N 1 Wangon)

 

Related Posts

Komentar