Rakor Transformasi Digital Kemendikbudristek Bersama Pemda
Jakarta, 23 Mei 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Transformasi Digital kepada seluruh Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota. Kegiatan ini dilaksanakan dilingkup Regional 3 yang berlangsung pada 20 s.d. 23 Mei 2024 di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta.
Rapat Koordinasi (Rakor) Transformasi Digital Regional 3 dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka menyediakan berbagai platform digital yang dapat membantu satuan pendidikan dalam pembelajaran maupun manajemen satuan pendidikan. Dalam rangka implementasi transformasi digital yang lebih optimal, efektif dan efisien dan sesuai kebutuhan pada satuan pendidikan. apat Koordinasi (Rakor) Transformasi Digital Regional dihadiri oleh ± 140 orang yang berasal dari 34 Perwakilan dari Dinas Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah, 22 Perwakilan Dinas Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, 15 Perwakilan Dinas Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara dan beberapa perwakilan 3 UPT Kemendikbudristek selaku pendamping yang hadir dalam kegiatan ini.
Aswin Wihdiyanto, S.T., M.A. selaku Plt Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus dan Supervisor PDM 03-Transformasi Digital, dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan berbagai terobosannya, implementasi Merdeka Belajar tidak terlepas dari transformasi digital yang terus menjadi prioritas. Salah satunya adalah Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang telah banyak membantu para guru melakukan transisi dan implementasi Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing.”
Untuk itu, Kemendikbudristek mengapresiasi Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mendorong transformasi digital untuk terus menguatkan gerakan Merdeka Belajar sampai hari ini. “Transformasi digital ini juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerja keras Bapak/Ibu dan kolega di lingkup Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai pelaksana perubahan transformasi di wilayah masing-masing. Ibu dan Bapak sekalian adalah garda terdepan keberhasilan implementasi Merdeka Belajar dan transformasi digital pendidikan Indonesia,” pungkas Bapak Aswin Wihdiyanto.
Aswin Wihdiyanto, S.T., M.A., pun menyampaikan komitmen Kemendikbudristek untuk dapat menyelenggarakan pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh Indonesia melalui optimalisasi pemanfaatan platform teknologi. Adapun di antaranya yaitu akun belajar.id, Platform Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, platform Sumber Daya Sekolah, dan platform Kampus Merdeka untuk pendidikan tinggi. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, Dinas Pendidikan di seluruh Indonesia terutama di Regional 3 dapat berkolaborasi dengan satuan pendidikan diwilayah masing-masing dalam menjadi pionir dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan inovatif menuju sekolah/satuan pendidikan yang dicita-citakan.
Adapun tujuan kegiatan Rakor Transformasi Digital Regional 3 adalah dalam rangka: 1) penyampaian informasi kebijakan transformasi digital; 2) Pengelolaan krisis dan penanganan masalah implementasi transformasi digital di daerah; 3) Penguatan kolaborasi dan komitmen daerah dalam implementasi transformasi digital; dan 4) Penyusunan rencana tindak lanjut implementasi transformasi digital.
Kegiatan Rakor Transformasi Digital Regional 3 dilaksanakan melalui 2 Breakout Room yang masing-masing membahas tentang Sumber Daya Sekolah dan Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran.
Breakout Room 1 Sumber Daya Sekolah: membahas tentang beberapa isu mengenai ARKAS/MARKAS, SIPLAH, BOSP dan Berbagi Praktik Baik hingga Penyusunan Rencana Tindak Lanjut dari isu-isu yang ada yang kemudian masing-masing kelompok melakukan Sharing Hasil Tindak Lanjut yang telah disusun. Sedangkan Breakout Room 2 Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaraan: tentang materi: 1) Transformasi Digital untuk Pembelajaran; 2) Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK); 3) Berbagi Praktik Baik; dan 4) Peran Mitra dalam Transformasi Digital, yang dilanjutkan dengan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut dan Sharing Hasil Tindak Lanjut yang telah disusun.
Penutupan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Transformasi Digital Regional 3 dilaksanakan oleh Dr. Praptono selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Pada acara penutupan kegiatan Rakor Transformasi Digital Regional 3, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Bapak Sesditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yakni platform-platform teknologi Kemendikbudristek akan terus melakukan pembaruan sistem agar dapat terus relevan dengan kebutuhan peserta didik, guru, dan juga satuan pendidikan. Mengingat tantangan pendidikan di masa mendatang, pendidikan di era digital harus memanfaatkan beragam platform digital guna menghadirkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Sehingga dalam melakukan pemberdayaan pemanfaatan TIK di daerah, khususnya di Regional 3. Kolaborasi dalam pemanfaatan platform belajar.id dan PMM dengan berbagai stakeholder, baik itu dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kemendikbudristek tetap ditingkatkan sehingga meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Pembelajaran dapat terus dilakukan oleh Satuan Pendidikan yang dapat menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid/peserta didik.
(Perencana Ahli Muda, Pramudya Aditama Vidyabrata)