GELAR KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PELUNCURAN BUKU SMP NEGERI 3 SOKARAJA

GELAR KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PELUNCURAN BUKU SMP NEGERI 3 SOKARAJA

SMPN 3 Sokaraja mengadakan kegiatanGelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tahun pelajaran 2022/2023 pada hari Rabu, 15 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka. Bersama dengan kegiatan ini juga diluncurkan 13 buku karya siswa, Kepala Sekolah dan guru SMPN 3 Sokaraja.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Widyaprada Ahli Muda DinasPendidikan Kabupaten Banyumas, Pengawas Pembina SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ketua dan pengurus Komite sekolah, beberapa KS SMP dan SD di sekitar, orang tua siswa kelas VII, siswa kelas VII dan VIII SMPN 3 Sokaraja.

Ibu Erna Puji Rahayu, S.Pd., selaku Kepala SMPN 3 Sokaraja, menyampaikan bahwa sekolahnya telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai implemetasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilakukan dengan 3 tema yang berbeda. Tema ke-1Bangunlah Jiwa dan Raganya, dengan topik Bisikan Hati Negeri 1000 Puisi. Hasil kegiatan berupa 2 buku antologi puisi karya siswa kelas VII yang akan diluncurkan pada hari ini, bersamaan dengan 12 buku karya kepala sekolah dan guru. Pada tahun sebelumnya juga telah diluncurkan 34 buku karya kepala sekolah, guru dan siswa. Tema ke-2 Bhinneka Tunggal Ika dengan topik Ragam Tari Kreasi Nusantara, yang pada hari ini akan digelar.  Tema ke-3 Gaya Hidup Berkelanjutandengan topik Tanam Raya. Dengan kegiatan menyiapkan media sampai dengan memanen hasil. Harapannya semoga kegiatan ini akan mewujudkan siswa yang gembira, bahagia dan jaya.

Pada sambutannya, Pak Aji Kusmanto, S.Pd., M.Hum. selaku pengawas pembina SMP menyampaikan rasa bangga terhadap SMPN 3 Sokaraja. SMPN 3 Sokaraja layak disebut sebagai Negeri 1000 Puisi. Karena beberapa waktu yang lalu sudah ada unjuk karya berupa launching buku dan dilanjutkan launching buku hari ini. Juga pada seluruh kelas VII yang telah menampilkan karya terbaiknya.  Bahkan tari Profil Pelajar Pancasila yang digelar hari ini dalam bentuk tari massal yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII. Dengan kegiatanini, SMPN 3 Sokaraja telah melaksanakan kewajiban P5. Dan ini betul-betul menunjukkan bahwa SMPN 3 Sokaraja telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan P5 sangat terbuka bagi orangtua untuk berkontribusi dalam merancang dan melaksanakan kegiatan P5. Beliau mengapresiasi semangat yang luar biasa dari SMPN 3 Sokaraja. Pada akhir pidatonya, beliau memberi motivasi untuk terus berkarya dan berjaya untuk menginspirasi Indonesia.

Bapak Purnomo Hesti Widijanto, S.Pd. selaku Widyarprada Ahli Muda Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menyampaikan bahwa SMPN 3 Sokaraja layak disebut sebagai Negeri 1000 Puisi dengan karya-karya yang sudah dan akan diluncurkan. SMPN 3 Sokaraja membanggakan karena telah melaksanakan 3 tema. Semua terlaksana berkat dukungan semua pihak. Ucapan terima kasih pada wali siswa, guru, komite dan seluruh stake holder.  Harapannya kegiatan ini jangan berhenti hanya sampai Gelar Karya. Tapi direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Sambutannya  ditutup dengan kalimat Dari SMPN 3 Sokaraja Menginspirasi Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran 2 buku karya siswa dan 11 buku karya kepala sekolah  dan guru. Ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Purnomo Hesti Widijanto, S.Pd.

Pada acara ini ditampilkan pula tari medley yang dibawakan secara berkelompok oleh seluruh siswa kelas VII. Tari medley ini terdiri dari 20 jenis tari kreasi dari Nusantara.

Related Posts

Komentar