Persiapkan Tahun Pelajaran Baru, Guru dan KS Purwojati Ikuti Bimtek Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Persiapkan Tahun Pelajaran Baru, Guru dan KS Purwojati Ikuti Bimtek Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Banyumas, - Persiapan memasuki tahun pelajaran baru, Korwilcam Dindik Purwojati selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Platform Merdeka Mengajar (PMM), pada Kamis, (22/6/2022). Peserta sasaran Bimtek adalah guru kelas 1 & 4, dan guru mapel, serta Kepala Sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu tiga hari yang bertempat di SD Negeri Karangtalun Lor, mengingat lokasi tersebut menjadi titik tengah geografis wilayah Purwojati.

Surtini, M.Pd., selaku Koordinator Korwilcam Dindik Purwojati membuka sekaligus menjadi narasumber Bimtek. Ia mengharapkan peserta Bimtek dapat mengikuti dan memahami materi dengan baik.

“Harapan besar, semoga kegiatan ini memberikan pemahaman bagi para peserta yang pada akhirnya dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Kasi Kurikulum Pembinaan SD Dindik Banyumas, M. Robani, M.Pd., turut hadir dalam kegiatan ini. Beliau pun berharap agar kegiatan bimtek dapat memberikan gambaran dan sekaligus pemahaman mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) serta Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi para peserta Bimtek.

"Saya berharap kegiatan Bimtek ini dapat menjadi gambaran sekaligus pemahaman bagi bapak/ibu peserta. Pendidik harus tanggap terhadap dinamika yang ada. Jangan kaget dan gumunan," ungkap M Robani, M.Pd.

Arifin Nur Hayadi, M.Pd., yang juga selaku narasumber mengatakan bahwa kegiatan terkonsentrasi menjadi dua kelas, yaitu kelas bagi guru dan kelas bagi kepala sekolah. Menurutnya tidak hanya guru yang diharapkan dapat memahami IKM dan PMM, para kepala sekolah pun sangat perlu dibekali materi tersebut.

"Pelaksanaan Bimtek ini dibagi menjadi dua kelas, kelas bagi Guru dan kelas bagi Kepala Sekolah. Hal ini dikarenakan tidak hanya guru yang diharapkan bisa memahami IKM dan PMM, namun Kepala Sekolah juga sangat perlu memahaminya. Bahkan menurut saya sebenarnya semua pihak dan seluruh stakeholder perlu memahami perihal Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)," ujarnya.

Paijah, S.Pd yang juga narasumber di kelas Kepala Sekolah juga memberikan motivasi penuh kepada rekannya dalam memahami P5 dan implementasinya.

Kolaborasi antara Koordinator Korwilcam Dindik Purwojati, K3S, dan Guru dalam mensukseskan pelaksanaan Bimtek IKM dan PMM di Korwilcam Dindik Purwojati sangat dirasakan. Hasil kolaborasi ini selanjutnya diharapkan akan membawa dampak positif melalui upaya tindak lanjut dari berbagai pihak terkait. (Rini Mei/YK)

Related Posts

Komentar