Lomba Kebersihan Kelas Dan Lingkungan Sekolah Sebagai Momentum Pencanangan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)

Lomba Kebersihan Kelas Dan Lingkungan Sekolah Sebagai Momentum Pencanangan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)

SDN Karangkemiri Korwilcam Dindik Karanglewas sukses mengadakan lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, Kamis 30 Mei 2024. Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al Quran oleh Aliya Rindi Ramadhani, siswi kelas 5A. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga Mars SDN Karangkemiri Ciptaan Bapak Riyadi, S.Pd (KS SDN Pangebatan).

Sambutan disampaikan oleh kepala sekolah SDN Karangkemiri. "Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan sikap disiplin peserta didik dalam menjaga kebersihan baik di kelas maupun di lingkungan sekolah. Selain itu juga sekolah kami sedang mencanangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan yang merupakan sebuah program inovatif pembelajaran yang bertujuan untuk melakukan transformasi pola pendidikan formal menjadi lebih kolaboratif, inklusif dan menarik guna mendorong kemampuan diri peserta didik" Ujar Ibu Ifa Indriyani, S.Pd.SD. Ditambahkan pula bahwa gerakan sekolah menyenangkan ini diawali dari sekolah yang sehat, bersih dan menyenangkan sehingga peserta didik menganggap sekolah SDN Karangkemiri sebagai rumah kedua mereka.

Dewan juri pada lomba kali ini ada tiga orang yaitu Ibu Ifa Indriyani, S.Pd.SD, Ibu Soliah, S.Pd (KS SDN 1 Tamansari) dan Bapak Hendra Bramantya, S.Pd (Guru PJOK SDN Karangkemiri). Mereka sangat berkompeten dan profesional dalam menilai kebersihan masing-masing kelas. Orang tua peserta didik berusaha semaksimal mungkin dalam menghias dan membersihkan kelas jauh jauh hari sebelumnya. Semua warga sekolah sangat antusias dalam menyambut perlombaan ini yang memperebutkan piala bergilir kepala sekolah SDN Karangkemiri dan hadiah menarik lainnya.

Acara hiburan diisi oleh siswa siswi SDN Karangkemiri. Salsabila Putri Nadiva, salah satu siswi kelas 2A SDN Karangkemiri yang merupakan juara 3 FLS2N tingkat kecamatan menyanyikan 2 buah lagu yaitu Indonesia Mandiri dan Tiba-Tiba Aku Melayang. Selain menyanyi, dia juga membawakan 2 buah tembang macapat yang akan dipersiapkan untuk lomba MAPSI besok. Ada juga yang mempersembahkan khitobah, cerita islami dan juga duet religi. Mereka sangat senang untuk tampil di depan.

Piala bergilir kali ini jatuh di kelas 2A yang merupakan juara pertama dengan perolehan nilai 3015. Ibu Wahyu Noor Anggita, S.Pd selaku wali kelas 2A selalu memberikan motivasi dan semangat kepada wali murid dalam menghias kelas. Beliau juga tidak malu malu untuk terjun ke kelas membantu wali murid mempersiapkan perlombaan tersebut. Kelas sebelahnya yaitu kelas 2B harus puas sebagai Runner up dan juga kelas 5A yang menjadi juara ke-3 nya. Kegiatan ini akan menjadi ajang kegiatan tahunan dengan piala bergilir sebagai hadiah utamanya yang merupakan piala kebanggaan untuk kelas yang juara.

Kontributor :
Candra Septo Rinoaji, S.Pd
Guru penggerak SDN Karangkemiri

Related Posts

Komentar