SOSIALISASI HELPDESK DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID OLEH SATUAN PENDIDIKAN

SOSIALISASI HELPDESK DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID OLEH SATUAN PENDIDIKAN

Dalam rangka optimalisasi layanan untuk program prioritas Merdeka Belajar, BBPMP Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Helpdesk dan Optimalisasi Pemanfaatan Akun Belajar.id Oleh Satuan Pendidikan pada hari Kamis-Jum’at 20-21 Juli 2023.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut projek PDM-03 dari Direktorat PAUDDIKDASMEN Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuan utamanya adalah mencapai target 100% aktivasi akun pembelajaran, adopsi penggunaan Google Workspace for Education, aktivasi Chromebook, dan adopsi Platform Merdeka Mengajar.

Peserta kegiatan yang diundang pada kegiatan ini berjumlah 153 orang terdiri 35 Co Kapten, 35 Kombel Pengawas TK, 35 Kombel Pengawas SD, 35 Kombel Pengawas SMP, dan 13 Pengawas SMA dari Cabang Dinas Pendidikan 1 s.d. 13 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Teamwork dari Kab. Banyumas adalah Titi Endri Astuti Co Kapten Belajar.id Kab. Banyumas, Ibu Ika Daruastuti Pengawas TK, Bapak Mulyadi Suryono Pengawas SD, Ibu Ida Yuningsih Pengawas SMP, dan Bapak Yulianto Harsono Pengawas SMA.

Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi peserta dalam mengoperasikan layanan informasi dengan cepat dan mudah melalui helpdesk, mengakses PMM, mengakses chromebook, mengakses dan memanfaatkan Google Classroom, Google Meet, Google Drive, SIM PKB, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google Form.

Dari hasil tracking akun Belajar.id peserta didik yang tidak aktif dari jenjang PAUD berjumlah 6.374 akun, SD 17.023 akun, SMP 10.989 akun, SMA 1.716 akun, SMK 6.890, SLB 189 akun, dan kesetaraan 3.297 akun. GTK PAUD berjumlah 105 akun, GTK SD 14 akun, GTK SMP 35 akun, GTK SMA 4 akun, GTK SMK 53, GTK SLB 1 akun, GTK Kesetaraan 161 akun.

Tracking berikutnya adalah data akun belajar.id yang belum adopsi pemanfaatan Google Workspace for Education secara optimal oleh peserta didik dan GTK masing-masing satuan pendidikan, dan data adoption rate Platform Merdeka Mengajar.

Teamwork membuat RTL berupa aktivasi akun belajar.id peserta didik dan GTK, adopsi pemanfaatan Google Workspace for Education peserta didik dan GTK, adoption rate PMM yang pelaksanaannya berkolaborasi bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah.

Terimakasih kami sampaikan kepada BBPMP Provinsi Jawa Tengah, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Semoga bermanfaat.
(TEA, Co Kapten Belajar.id Kab. Banyumas)

Related Posts

Komentar