Zero ATS melalui Gerakan Mayuh Sekolah Maning

Zero ATS melalui Gerakan Mayuh Sekolah Maning

Pemerintah Kabupaten Banyumas bertekad untuk mengentaskan Anak Tidak Sekolah (ATS) mulai tahun 2023 ini sehingga pada tahun depan tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah di Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutan pengarahan Sosialiasi Penanganan Anak Tidak Sekolah di Baturraden, Senin (15 Mei 2023) Wakil Bupati Banyumas Drs. Sadewo Tri Lastiono, M.M berharap banyak pihak bisa ikut berkontribusi terhadap pengentasan ATS tanpa terlalu banyak teori.

“Kami berharap ada aksi nyata termasuk dari pihak swasta seperti Forum CSR dari perbankan, BAZNAS maupun lembaga lainnya,” ucap Sadewo.

Wabup juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah terlibat aktif terhadap penanganan kegiatan ini, seperti LPPM Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang selaku mitra UNICEF.

Pada kesempatan yang sama Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Purwadi Santoso, M.Hum menyampaikan ada 4 (empat) Kecamatan yang sudah berjalan sebagai piloting penanganan ATS yakni Kecamatan Kemranjen, Rawalo, Sumpiuh dan Tambak.

“Kecamatan lain diharapkan mereplikasi atas piloting ini sesegera mungkin, yakni bagaimana penanganan anak-anak tidak sekolah maupun mereka yang drop out,” jelasnya.

“Mereka harus bisa sekolah lagi, baik melalui pendidikan formal maupun non formal, diharapkan ada peran aktif SKB dan PKBM yang ada agar ATS bisa dituntaskan”, pungkasnya. (sunarto-15052023)3

Related Posts

Komentar