Kembangkan Pelatihan Berbasis Digital, Tim Dinas Pendidikan dan K3S Kab. Pemalang Gali Inspirasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas

Kembangkan Pelatihan Berbasis Digital, Tim Dinas Pendidikan dan K3S Kab. Pemalang Gali Inspirasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas

Dinas Pendidikan dan K3S Kabupaten Pemalang berkunjung ke Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Kunjungan yang dilakukan untuk memotret sejarah dan proses digitalisasi pendidikan di Kabupaten Banyumas. Sesi dialog dan sharing dilakukan di ruang pertemuan Ing Ngarso Sung Tuladha Dindik Banyumas, Purwokerto, Selasa (31/5/2022)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Irawati, S.E., dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap OPD tentu memiliki program dan kreativitasnya masing-masing. Begitu juga dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang memiliki Banyumas Calakan Teacher Training Center (BCT2C). BCT2C merupakan wadah pelatihan untuk meningkatkan kualitas penggunaan IT bapak/ibu guru melalui pelatihan-pelatihan yang berbasis digital.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas, BCT2C hadir didasarkan pada rendahnya kesempatan guru mengikuti kegiatan Diklat, rendahnya guru dalam eksplorasi pengembangan diri berbasis IT, adanya pandemi covid-19. Menurutnya Covid-19 merupakan bencana, namun di balik bencana tersebut ada hikmah. Kita bisa kejar ketertinggalan di bidang IT.

“Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Banyumas Calakan tidak hanya sekedar mengejar sertifikat. Namun harus diselenggarakan dengan sebenar-benarnya untuk meningkatkan kompetensi para guru,” ungkap Irawati, S.E.

Beliau juga menyampaikan, guru di Banyumas memang calakan (smart, tanggap, cepat merespon) sudah bisa memainkan perannya masing-masing. Sebagai kepala dinas, beliau tinggal mengapresiasi dan mensuport inovasi tersebut.

Mengakhiri sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas juga menyampaikan kunci dari keberhasilan sebuah inovasi dan kreativitas adalah komunikasi, kolaborasi, dan kebersamaan.

Kabid. Pembinaan Pendidikan Dasar Kab. Pemalang, Wiyono, M.Pd., dalam menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Menurutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dengan BCT2C sangat menginspirasi. Besar harapan kami dapat meniru jejak langkah Dindik Banyumas dan Tim BTC2C.

Ketua BCT2C, Dwi Riani Darma, S.Pd., dalam paparannya menyampaikan, BCT2C terlahir berkat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu suport utama yang hadir di awal adalah dari Ketua MKKS SMP Kabupaten Banyumas, Suhriyanto, M.Pd., dan Kepala Dinas Pendidikan, Irawati, S.E., yang memberi dukungan secara penuh terhadap kreativitas para Tim BCT2C. Selain itu, Ketua BCT2C juga menyampaikan, yang menjadi kunci keberlangsungan sebuah inovasi dan karya adalah kerjasama Tim yang solid.

Mengakhiri sesi tanya jawab, ada sebuah ungkapan dari Ketua MKKS SMP Kabupaten Banyumas yang sangat menginspirasi peserta yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa komunikasi dan suport yang sangat baik dari para pimpinan serta tim yang solid serta militan adalah kunci suksesnya BCT2C. (Yusep K 01062022)

Related Posts

Komentar