Selamat Idul Fitri 1442 Hijriah

Selamat Idul Fitri 1442 Hijriah

Assalamu ‘alaikum wr wb.

Dengan mengucap puji syukur Alhamdulillah, kita telah berada dalam suasana hari besar, hari kemenangan Idul Fitri 1442 H

Sholawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Agung Muhammad SAW, yang kita nantikan syafaatnya kelak di yaumil kiyamah.

Yang kami hormati segenap guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Banyumas,

Kita telah masuk tahun yang kedua suasana Idul Fitri dalam kondisi pandemi Covid-19. Banyak dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini seperti tatanan perekonomian, interaksi sosial juga kegiatan belajar mengajar.

Covid-19 adalah musibah terbesar di abad ini, namun dibalik musibah itu sudah barang tentu ada kandungan hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa ini.

Allah SWT telah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 269 yang

Artinya: "Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat."

Dalam kondisi pandemi sekarang ini, kita semua harus bisa berkreasi dan berinovasi agar kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan, meski dengan daring, tanpa tatap muka di kelas.

Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, kami menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap Pengawas, Penilik, Kepala Sekolah/Madrasah, Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah berinovasi dan bekerja keras guna mewujudkan Merdeka Belajar, karena Esensi dari Merdeka Belajar adalah menggali potensi terbesar para guru dan murid untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas belajar secara mandiri.

Kami juga sampaikan apresiasi yang tak terhingga kepada para orang tua/wali murid yang selama ini telah membimbing dan mendampingi putra/putrinya untuk belajar dari rumah.

Bapak/Ibu yang saya hormati,

Dinas Pendidikan telah dan akan terus bersama guru dan tenaga kependidikan semua dalam membangun pendidikan di Kabupaten Banyumas yang lebih baik, baik dari penyiapan, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan, pelatihan hingga kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan.

Tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten Banyumas telah mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 37 milyar untuk guru dan tenaga kependidikan wiyata bakti. Ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen untuk kesejahteraan rekan-rekan guru dan tendik dari Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Mungkin ini belum bisa memuaskan semua pihak, namun kami akan terus berupaya untuk mensejahterakan semua guru dan tendik di Kabupaten Banyumas.

Kami juga tak henti-hentinya menghimbau semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas terhadap kegiatan yang tidak penting.

Mari kita bersama-sama berdo’a memohon kepada Allah SWT, semoga pandemi ini segera berakhir agar proses belajar mengajar dapat dapat kembali normal sepenuhnya.

Akhir kata, marilah kita bergotong royong dan bersatu padu menjadikan Banyumas yang maju, adil, makmur dan mandiri melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satunya dengan peningkatan mutu, layanan dan akses pendidikan.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan kepada kita, Aamiin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,  semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua, dan semoga kita dipertemukan kembali dengan Ramadan yang akan datang,

Aamiin ya rabbal alamiin

Wassalamu ‘alaikum wr wb

(Irawati, S.E. – Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas) 

Related Posts

Komentar