Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

Setelah genap 1 (satu) tahun pembelajaran daring dilaksanakan sejak Maret 2020, saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas tengah menyiapkan  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan diujicobakan secara terbatas pada 10 satuan pendidikan.

Sebelumnya Bupati Banyumas Achmad Husein telah memberikan lampu hijau terkait ujicoba PTM setelah kurva Covid-19 melandai, Saat ini  Dinas Pendidikan tengah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) PTM demi melindungi guru, siswa dan warga sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas melalui Sekretaris, Leonalto Adisasmita mengatakan kesiapan itu diantaranya terkait sarana dan prasarana di satuan pendidikan, seperti tempat cuci tangan, serta difungsikannya Unit Kesehatan Sekolah (UKS) secara maksimal.

“Siswa nantinya dalam perjalanan berangkat dan pulang sekolah diantar jemput oleh orang tua/wali”, katanya.

Dalam ujicoba PTM ini siswa harus mendapatkan ijin tertulis dari orang tua/wali, dan jam pembelajaran juga akan dibatasi yakni 4 (empat) jam per hari tanpa adanya jam istirahat.

“Dihilangkannya jam istirahat untuk menghindari kerumunan siswa disekolah”, tambahnya.

Leonalto juga menyebutkan ada 7 (tujuh) sekolah yang akan diuji coba melajukan PTM dari jenjang SD dan SMP serta 3 (tiga) SKB. Untuk jenjang SD yang akan dilaksanakan pada SDN 1 Sokanegara Purwokerto Timur, SDN 1 Kedunggede Banyumas, SDN Panambangan Cilongok.

Sedangkan untuk jenjang SMP ujicoba akan dilakukan pada SMPN 6 Purwokerto, SMPN 9 Purwokerto,  SMPN 1 Wangon, dan SMPN 1 Sumpiuh

Sanggar Kegiatan Belajar yang tengah disiapkan adalah SKB Purwokerto, SKB Kalibagor dan SKB Ajibarang.

“Kamis lusa (25 Maret - red) mereka akan melakukan paparan dan simulasi sejauh mana persiapan PTM dihadapan Tim Gugus Tugas Covid, untuk kemudian diputuskan siap tidaknya untuk uji coba pembelajaran,” pungkas Leonalto.

(Foto : Persiapan PTM di SMPN 6 Purwokerto beberapa waktu lalu)

Dinas Pendidikan menyebutkan protokol kesehatan yang ketat menjadi syarat wajib bagi satuan pendidikan yang hendak melaksanakan ujicoba PTM.(es-23032021)

Related Posts

Komentar