SDN Menganti Ikuti Lomba Tata Kelola BOS Tingkat Nasional

Kamis, 30 Juli 2015 | 6732 Kali
SDN Menganti Ikuti Lomba Tata Kelola BOS Tingkat Nasional

Setelah berhasil menjadi yang terbaik pada Lomba Tata Kelola Bantuan Operasional Sekolah SD tingkat Propinsi Jawa Tengah 2015, SDN Menganti Kecamatan Rawalo kembali maju pada lomba serupa ditingkat Nasional. Mewakili Propinsi Jawa Tengah, lomba tata kelola BOS kembali dinilai oleh Dirjen Dikdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu 29 Juli 2015.

Bupati Banyumas dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Purwadi Santoso mengatakan bahwa lomba tata kelola BOS ini bukan tujuan akhir, namun sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pengelolaan dana BOS di sekolah, yang pada akhirnya meningkatkan hasil proses hasil belajar mengajar di sekolah/madrasah.

Bertempat di SD Negeri Menganti Kecamatan Rawalo, Sahirin selaku Kepala Sekolah mempresentasikan profil SD yang dipimpinnya dan dilanjutkan dengan paparan pengelolaan BOS ditingkat sekolah. Hadir 2 (dua) orang penilai lomba, yang menitikberatkan pada sisi penilaian perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan dampak dari digulirkannya dana Bantuan Operasional Sekolah.

Pesan lain yang disampaikan oleh Bupati Banyumas agar pengelolaan dana BOS yang sudah baik ini dapat senantiasa ditingkatkan serta ditularkan pada sekolah disekitarnya.

Lomba tata kelola BOS ini dihadiri oleh sejumlah  pejabat dilingkungan Sekretariat Daerah Kab. Banyumas, Camat dan Danramil Rawalo, komite, perwakilan orang tua siswa serta seluruh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS di Kecamatan Rawalo.

Penilaian lomba tata kelola BOS ini dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yakni penilaian administrasi dan fisik disekolah yang berlangsung tanggal 27 Juli s/d 5 Agustus 2015. Setelah itu presentasi pengelolaan BOS oleh Kepala Sekolah yang akan dilaksanakan di Jakarta dihadapan Inspektorat Jenderal Dikdas, ICW dan KPK.

“Secara umum cukup baik, namun ada beberapa catatan pada pengelolaan BOS yang ada di SDN Menganti ini” Sambut Endang mewakili tim penilai. “Namun kami merasa puas terhadap dampak yang sudah terjadi di sekolah ini” tambahnya.

Dalam sambutan akhirnya Kabid Dikdas mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Edy Raharjo menyampaikan rasa terima kasih kepada tim penilai yang telah memberikan masukan dan saran untuk perbaikan tata kelola BOS selanjutnya.

(sunarto-dindik bms)

Related Posts

Komentar