Inilah Para Penampil Terbaik Lomba Karawitan jenjang SMP

Inilah Para Penampil Terbaik Lomba Karawitan jenjang SMP

Sebagai salah satu rangkaian lomba dan pentas seni memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Banyumas, sebanyak 21 grup Karawitan jenjang SMP telah tampil di hadapan penonton dan dewan juri.

Mereka telah unjuk kebolehannya melalui Gendhing Wajib Waru Doyong dan gendhing pilihan masing-masing dan berhasil memikat para penonton yang tak beranjak dari pagi hingga sore di gedung Gurinda Sarwa Mandala, Rabu (29/11)

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si. berharap melalui Pentas Seni Karawitan ini kita bisa melestarikan budaya jawa.

“Karawitan adalah budaya asli Jawa, sudah sepantasnya kita semua bisa nguri-nguri dan melestarikan karawitan ini, jangan sampai nanti kita belajar karawitan ke Negeri Belanda, jadilah orang Jawa yang mencintai budaya sendiri”, ungkap Joko Wiyono.

Keselarasan, kekompakan, harmonisasi dan beberapa aspek lain menjadi hal yang menentukan bagi dewan juri untuk memutuskan siapa yang berhak meraih point tertinggi dalam lomba Karawitan ini.

Ketua Dewan Juri Sungging Suharto menyatakan rasa gembiranya atas suksesnya acara ini.

“Apresiasi yang tinggi, meski anak-anak tapi senang dengan seni karawitan, perlu diketahui karawitan ini tidak ada kata benar atau salah, tapi yang ada ‘enak atau tidak enak’ untuk kita dengarkan,” ungkap Sungging.

“Saya juga senang meski belum bagus tapi sudah berani tampil pada pentas seni karawitan ini, bukan masalah kalah menang tapi ini perlu untuk menambah pengalaman, dan yang tak kalah penting dalam karawitan ini terselip pesan-pesan pendidikan karakter,” sambungnya.

Berdasarkan penilaian 3 (tiga) dewan juri yang merupakan sesepuh dan praktisi karawitan, diputuskan yang memperoleh point tertinggi adalah sebagai berikut;

  • Juara I diraih oleh nomor undi 16 dengan skor 1201dari SMPN 5 Purwokerto
  • Juara II diraih oleh nomor undi 24 dengan skor 1199 dari SMPN 1 Sokaraja
  • Juara III diraih oleh nomor undi 10 dengan skor 1190 dari SMPN 1 Rawalo
  • Juara Harapan I diraih oleh nomor undi 2 dengan skor 1182 dari SMPN 1 Wangon
  • Juara Harapan II diraih oleh nomor undi 1 dengan skor 1178 dari SMPN 2 Ajibarang
  • Juara Harapan III diraih oleh nomor undi 5 dengan skor 1170 dari SMPN 7 Purwokerto
  • Pengendang terbaik diraih oleh SMPN 1 Kebasen
  • Sinden terbaik diraih oleh SMP PGRI 2 Somagede (sunarto-29112023)

Related Posts

Komentar