Apresiasi BOS Kinerja Sekolah Prestasi

Apresiasi BOS Kinerja Sekolah Prestasi

Sebanyak 6 (enam) sekolah di Kabupaten Banyumas berhak memperoleh BOS Kinerja Sekolah Prestasi dari Kemdikbudristek pada tahun 2023 ini. Penghargaan yang digulirkan dan dibayarkan secara langsung ke rekening satuan pendidikan ini sebagai bentuk penghargaan atas prestasi siswa yang telah mendapatkan kejuaraan ditingkat propinsi, nasional maupun internasional baik dalam bidang akademis maupun non akademis saat tahun 2021 lalu.

Keenam satuan pendidikan tersebut adalah SDN 2 Sokaraja Tengah, SMPN 1 Wangon, SMPN 1 Banyumas,  SMPN 6 Purwokerto, SMP Telkom Purwokerto dan SMP Susteran Purwokerto.

Besaran nominal yang diterima bervariatif dari Rp 25 juta hingga Rp 70 juta.

Apresiasi disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional, di Yogyakarta, Rabu (13 September 2023) bersamaan dengan penerima BOS Kinerja Sekolah Prestasi di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Ir. Hendarman, M.Sc. Ph.D menyampaikan bahwa Program BOS Kinerja Sekolah Prestasi, dimaksudkan mendorong satuan pendidikan untuk melembagakan budaya berprestasi secara kreatif dan inovatif, serta sebagai apresiasi kepada satuan pendidikan yang telah membina peserta didik untuk selalu berprestasi dalam ajang talenta di tingkat provinsi, nasional maupun dikancah internasional.

“Tidak hanya dari BOS, diharapkan para pemangku kepentingan lainnya seperti dunia usaha dan industri juga ikut turut serta dalam apresiasi ini,” sambut Hendarman.

Lebih lanjut Hendarman menyampaikan bahwa nominal uang uang diterima oleh sekolah minimal Rp 10 juta dan maksimal Rp 100 juta, namun bisa mendapatkan jumlah lebih besar manakala bisa mengimbaskan ke satuan pendidikan lainnya.

“Bantuan ini tidak multi years, jadi tidak serta merta sekolah akan mendapatkan bantuan pada tahun berikutnya, bergantung dari prestasinya,” sambungnya.

Soenarko, Kepala SMPN 1 Wangon menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi dari pemerintah.

“BOS Kinerja Prestasi dapat membantu sekolah dalam mengembangkan dan menghasilkan talenta talenta baru dibidang riset , inovasi , seni budaya , literasi dan olahraga,” ucap Soenarko disela-sela pemberian apresiasi dari Puspresnas.(sunarto-15092023)

 

 

 

Related Posts

Komentar