Merdekakan Hak Anak Berkebutuhan Khusus, Bupati Janjikan Layanan Kesehatan Gratis

Merdekakan Hak Anak Berkebutuhan Khusus, Bupati Janjikan Layanan Kesehatan Gratis

Setelah beberapa tahun vakum, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas kembali  gelar Gebyar Pendidikan Inklusi. Kali ini kegiatan diikuti oleh perwakilan siswa inklusif dari sekolah semua jenjang se- Kabupaten Banyumas. Berlangsung di lapangan Diponegoro Tunjung, Jatilawang, acara dibuka langsung oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, Rabu, (24/5/2023).

Bupati Husein dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gebyar Inklusi merupakan ajang menggali potensi anak berkebutuhan khusus. Menurutnya para guru diminta layani anak berkebutuhan khusus dengan penuh kesabaran, keikhlasan serta dengan pelayanan spesial.

Husein juga meminta Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Joko Wiyono, M.Si untuk mengadakan pelatihan bagi para guru yang menangani anak berkebutuhan khusus. Tujuannya menurut Husein agar anak berkebutuhan khusus dapatkan layanan pendidikan dengan tingkat dan taraf yang sama dengan pendidikan formal lainnya.

Selain akses pendidikan, Bupati juga menjanjikan layanan kesehatan gratis bagi anak-anak berkebutuhan khusus

"Saya minta kepala dinas untuk mendata anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Banyumas, jadi nantinya rumah sakit, puskesmas maupun layanan kesehatan milik pemerintah daerah lainnya punya database anak berkebutuhan khusus," ucap Husein.

Sebagai bentuk komitmen bersama atas akses layanan kesehatan ini, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan menandatangani MoU yang disaksikan langsung oleh Bupati.

Diakhir sambutan, Husein mengapresiasi kerjasama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan untuk secara bersama-sama memberikan layanan kesehatan anak berkebutuhan khusus.

"Terima kasih Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan atas kerjasamanya, saya harap semua anak berkebutuhan khusus yang datang ke fasilitas kesehatan Pemerintah Daerah akan mendapatkan pelayanan gratis," pungkasnya.

 (Yusep Kurniawan/Sunarto-24052023)

Related Posts

Komentar