Tanamkan Nilai Pancasila, KM7 SDN 2 Kedungurang Gelar Bulan Pancasila

Tanamkan Nilai Pancasila, KM7 SDN 2 Kedungurang Gelar Bulan Pancasila

Kedungurang – Tim Kampus Mengajar 7 SD Negeri 2 Kedungurang menggelar kegiatan Bulan Pancasila pada 10-11 Juni 2024. Kegiatan yang bersamaan dengan Festival Literasi-Numerasi ini menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia. Bertujuan menanamkan semangat Pancasila serta melakukan aksi nyata pengimplementasian nilai-nilai Pancasila dalam diri siswa nantinya, kegiatan ini menjadi salah satu program KM7 SD Negeri 2 Kedungurang dari ke-29 program lainnya.

Bulan Pancasila Kampus Mengajar 7 SD Negeri 2 Kedungurang ini, didesain berupa rangkaian perlombaan siswa selama dua hari berturut-turut, mulai dari Hari Senin hingga Selasa (10-11 Juni 2024). Selain unsur Pancasila, literasi-numerasi juga menjadi konsen utama dalam pengangkatan tema kegiatan ini. Sehingga rangkaian perlombaan dilaksanakan dengan memasukan kedua unsur tersebut.

Di Hari Senin misalnya, terlaksana beberapa cabang perlombaan dalam kelas, mulai dari mewarnai lambang Pancasila (kelas I), mewarnai objek pengimplementasian nilai Pancasila (kelas II), menggambar lambang Pancasila (kelas III), LCC pengimplementasian Pancasila dan paket literasi-numerasi AKM (kelas IV) serta LCC Sejarah Pancasila yang ditambahkan soal-soal literasi-numerasi (kelas V).

Konsisten mengangkat tajuk yang sama, keesokan harinya (Selasa, 11 Juni 2024) digelar kegiatan lomba luar kelas. Mulai dari Sunda Manda Games (untuk kelas I, II A, II B, dan III), Literacy Boargame (untuk kelas IV dan V), serta Baca Puisi Putra dan Putri bertema Menjaga Pancasila (untuk kelas III, IV, dan V).

Digelar pasca-SAS (Sumatif Akhir Semester) II, tak heran jika Bulan Pancasila mendapat antusiasme dan partisipasi yang begitu tinggi dari siswa maupun Bapak/Ibu Guru. Di akhir kegiatan, Kepala SD Negeri 2 Kedungurang (Bapak Saryo, S.Pd.SD) berkenan memberikan hadiah perlombaan dengan total hadiah sebanyak 18 kategori, ditambah Juara (program kerja KM) 7K Kelas Terbersih beruntun.

“Hadiah-hadiah tersebut diharapkan menjadi bentuk terima kasih dan support kepada siswa yang telah ikut meramaikan Bulan Pancasila.” tutur Anang selaku ketua Tim KM7 SD Negeri 2 Kedungurang.

Dirinya tidak menyangka kegiatan ini sukses mendapat antusiasme yang tinggi. Anang juga menambahkan, kegiatan yang menjadi penutup dari rangkaian program KM7 diharapkan dapat memberi dampak pada diri siswa, khususnya soal penanaman nilai-nilai Pancasila di zaman digital, dimana Pancasila dapat menjadi benteng siswa dalam ragam dampak media sosial yang “menggila” ini.

Sementara itu, Tim Kampus Mengajar 7 merasa bangga dan senang tatkala di akhir kegiatan, Bapak dan Ibu Guru turut serta mencoba Ular Tangga Literasi-Numerasi yang dijadikan sebagai media lomba Literacy Boardgame, serta mendapat tanggapan positif.

Tim juga berharap setelah menangnya Rajendra (kelas IIA) dan Bintang (kelas I) mengalahkan 26 peserta lainnya pada perlombaan Sunda Manda Games, permainan tradisional dapat terus dikenal dan dimainkan oleh siswa, di tengah permainan-permainan modern masa kini.

Rizki Aldi Cahyono – Mahasiswa Kampus Mengajar 7 SD Negeri 2 Kedungurang

Related Posts

Komentar