"NGOBRAS PITA" di Korwilcam Cilongok

"NGOBRAS PITA" di Korwilcam Cilongok

Cilongok - 12 Januari 2023- Korwilcam Dindik Cilongok menyelenggarakan NGOBRAS PITA (Ngobrol Asyik PMM dan Aksi Nyata) . Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai dari bulan Oktober 2022,  yang merupakan strategi yang dilakukan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai langkah nyata melaksanakan program Kemdikbudristek RI tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di satuan Pendidikan Khususnya di satuan Paud.

Dalam pelaksanaannya Korwilcam Cilongok berkolabaorasi dengan organisasi Mitra PAUD yang ada di wilayah Cilongok antara lain PKG Paud, IGTKI, Himpaudi dan organisasi mitra lainnya.

NGOBRAS PITA merupakan seri keempat dari kegiatan “SINAU BARENG series” tentang Kurikulum Merdeka dan PMM yang dilaksanakan secara rutin tiap  dua minggu sekali di aula Korwilcam Dindik Cilongok. Setiap seri nya selalu muncul tema berbeda, tema tersebut adalah ide dari para pendidik paud di wilayah Cilongok. Diawali dari tema pertama “SINAU BARENG IKM DAN PMM”, kedua “SIBAR SITA” (sinau bareng aksi nyata), yang ketiga ”NGOPI SUSU” (ngobrol pintar IKM Sunguh-sungguh).

Kegiatan ini adalah sebagai interpretasi dari instruksi Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. 

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Banyumas, Drs. H. Joko Wiyono, M.Si dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa “Guru harus memiliki banyak referensi sebagai bekal dalam mendidik para generasi bangsa, Kurikulum Merdeka merupakan grand desain Pendidikan Nasional, mendidik anak bangsa sebagai landasan menuju Generasi Emas Indonesia di tahun 2045, yang menjunjung tinggi nilai karakter, berbudaya, serta nilai kompetitif di dalamnya".

IKM juga memberikan ruang gerak dan memerdekakan para Pendidik maupun peserta didik, supaya lebih memiliki rasa how to insight about to. Ada tiga soft skill yang didapatkan dari IKM yaitu kolaborasi, komunikasi, dan problem solving.

Ramelan, S.Pd., selaku Korwilcam Dindik Cilongok dalam sambutannya menegaskan, sebagai seorang guru hendaknya senantiasa mengikuti setiap transformasi pendidikan yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Menurutnya sudah sepatutnya sebagai guru kita mulai berbenah dan mau berubah. Selain itu, ia memberi catatan bahwa guru harus mau menggali potensi/kecakapan diri sesuai tuntutan dan perkembangan zaman, seperti yang sekarang ini sedang dihadapi yakni PMM dan Merdeka Belajar.

"Saya tegaskan, seorang guru harus tanggap terhadap setiap dinamika transformasi pendidikan yang sedang digalakan pemerintah. Kita harus mau berbenah dan berubah, tidak terhenti di zona nyaman. Catatan penting untuk bapak/ibu semua, kita harus mau menggali potensi diri sesuai tuntutan dan perkembangan zaman, salah satu yang ada dihadapan kita yakni PMM dan Kurikulum Merdeka,"  selain itu saya sampaekan terimakasih kepada Penilik Paud dan pengawas TK yang telah membimbing, mendampingi serta ide-ide kreatifnya dalam membersamai Pendidik Paud di Cilongok berproses menuju Paud berkualitas”. ungkapnya.

Penanggungjawab kegiatan, Fauzan Nur Rofiq,S.Pd yang merupakan Penilik Paud Kecamatan Cilongok mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu langkah melaksanakan instruksi bapak Kadin sebagai “Panglima” Pendidikan di Kabupaten Banyumas sebagai upaya mewujudkan Dinas Pendidikan "Berprestasi” dan memberikan kesempatan para pendidik paud untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi dalam memberikan layanan pendidikan.

Yeny Indarty selaku Pengawas TK menyatakan dukungannya atas kegiatan ini

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, apresiasi yang luar biasa untuk teman-teman pendidikan paud cilongok yang luar biasa semangatnya mengikuti kegiatan ini.” ujarnya.

"Kegiatan diskusi PMM yang di selenggarakan di korwil ini sangat membantu saya dan temen-temen guru paud, apalagi dikemas dengan suasana diskusi yang santai dan menyenangkan” . Kata Mike salah satu peserta diskusi. 

Ketua Himpaudi Cilongok menyampaikan bahwa Kegiatan ini jadi wadah belajar yang asyik menurut saya karena kita bisa belajar dan sharing tentang kurikulum merdeka dengan PMM

Senada dengan peserat lainnya, Winov, Kepala TK pertiwi Sambirata merasakan manfaat yang positif atas kegiatan ini

"Banyak sekali manfaatnya bisa jadi tempat bagai para guru paud, bukan hanya tentang PMM, tapi juga belajar IT, belajar paparan, melatih percaya diri,” ungkap Winov.

Related Posts

Komentar