Wujudkan PAUD berkualitas, HIMPAUDI Gelar Seminar Parenting Virtual

Wujudkan PAUD berkualitas, HIMPAUDI Gelar Seminar Parenting Virtual

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)  Banyumas menggelar Seminar Parenting secara virtual yang disiarkan secara live dari Gedung Graha Satria, Rabu (7 April 2021).

Kegiatan menghadirkan Bupati Banyumas menyapa, narasumber Bunda Paud Hj. Ernawati Husein dan Praktisi Ibu Sisilia.

Seminar virtual dalam memperingati Hardiknas tahun 2021 diikuti lebih dari 1000 orang, baik luring maupun daring dari unsur Bunda Paud Kecamatan dan Desa, anggota Himpaudi, masyarakat umum serta orang tua siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Banyumas Ibu Irawati dalam sambutannya menaruh harapan besar atas peran orang tua dan keluarga dalam pola penddikan anak dalam lingkungan keluarga.

“Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama  dan utama bagi anak yang memiliki fungsi dalam pendidikan, yaitu mendidik, membimbing dan membina anggota keluarga untuk  memenuhi peranannya. Seorang anak adalah amanah yang diberikan Allah SWT kepada orangtua, oleh karena itu keluarga memiliki peran yang sangat mendasar dalam mengoptimalkan semua potensi anak, peran keluarga tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah didik di lembaga pendidikan formal maupun nonformal. pola asuh yang baik dalam keluarga bisa membuat seorang anak mempunyai kemampuan intelektual dan fisik yang bagus, termasuk perkembangan emosi dan sosialnya,” sambut Kepala Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan yang sama Bunda Paud Banyumas Hj. Ernawati Husein menyampaikan pentingnya usia dini sebagai usia emas,

“Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sampai usia 4 tahun tingkat kapabilitas kecerdasan anak telah mencapai 50%. Pada usia 8 tahun mencapai 80% dan sisanya sekitar 20% diperoleh pada saat anak berusia 8 tahun ke atas,” sambut Ernawati Husein

Masih menurut Bunda Paud, perlunya jalinan  kerjasama dan keselarasan program pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai tri sentra pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif untuk menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.(es-07042021)

Related Posts

Komentar