Ini Alur Pendaftaran CPNS

Ini Alur Pendaftaran CPNS

Menjadi pegawai negeri saat ini menjadi impian banyak orang, bahkan kaum millennial pun berlomba-lomba agar bisa diterima menjadi aparatur sipil negara ini. Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pajabat Pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan

Menurut rilis Badan Kepegawaian Negara (BKN), penerimaan CPNS 2019 membuka lowongan untuk 152.286 formasi. Sebanyak 37.425 formasi dibuka untuk penempatan CPNS pada 67 instansi pemerintah pusat, baik lembaga maupun kementerian. Sedangkan 114.861 formasi CPNS lainnya diperuntukkan bagi pelamar yang berminat menempati posisi di 462 pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota).

Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Berdasarkan informasi resmi BKN dikutip dari kompas.com, berikut 8 langkah udah pendaftaran dan Login online CPNS 2019.

Pertama, pelamar membuka portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id atau SSCN.BKN.go.id.

Kedua, pelamar membuat akun SSCN 2019 menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga. Lalu login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah itu, unggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun. Pelamar melengkapi biodata. Pastikan data yang diisikan telah benar.

Pelamar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Kemudian, lengkapi data yang ada. Unggah sejumlah dokumen persyaratan ke dalam portal SSCASN. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019.

Proses rekrutmen CPNS 2019 berjalan lintas tahun atau sampai tahun depan. Pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada Januari 2020. Pelaksanaan SKD dijadwalkan berlangsung Februari 2020.

Hasil SKD rencananya diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Detail formasi dan jumlah kebutuhan PNS dapat dilihat pada laman masing-masing Lembaga/Kementerian/Pemda terkait (es-09112019)

 

 

 

Related Posts

Komentar