Peningkatan Kompetensi Guru melalui PKB

Peningkatan Kompetensi Guru melalui PKB

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan terus berupaya keras dalam upaya peningkatan kompetensi guru.

Sejalan dengan hal tersebut, Kemdikbud telah melakukan pemetaan kompetensi guru yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional.

Salah satu hasil dari adanya pemetaan yang dilakukan adalah ditemukannya kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru pasca UKG yakni Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi para pendidik.

“PKB yang juga merupakan kelanjutan dari Guru Pembelajar tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru”, tutur Kepala Dinas Pendidikan melalui Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Drs. Edy Raharjo.

“Saat ini Dindik Banyumas akan dan terus melaksanakan program Kegiatan moda tatap muka ini hingga tuntas, seperti Diklat yang tengah dilakukan di 22 gugus dengan dana APBN,” papar Edy Raharjo.

“Sebagai bentuk dukungan, pemerintah Kabupaten Banyumas juga telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan serupa yang dibiayai dari APBD guna pelaksanaan diklat 300 guru di 15 gugus, kegiatan dimentori oleh 26 guru yang telah mengikuti pembekalan dari P4TK Seni Budaya Kemdikbud,” pungkasnya. (sunarto/dindikbms)

Related Posts

Komentar