Pentingnya Pramuka untuk Mendukung Pendidikan Karakter Siswa

Pentingnya Pramuka untuk Mendukung Pendidikan Karakter Siswa

Salam Pramuka, Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI

Pramuka merupakan kegiatan yang dilakukan pada satuan pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik. Nilai-nilai positif kegiatan Pramuka yang dihadirkan melalui kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswi yang masih duduk di bangku satuan pendidikan baik SD, SMP, maupun SMA mampu meningkatkan dampak positif tidak hanya secara fisik namun juga mental dan spiritualnya.

Bahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas sudah secara khusus mengenalkan Pramuka Pra Siaga kepada siswa PAUD yang begitu antusias ingin mengenal apa itu Pramuka.

Dalam dunia Pramuka, nama Baden Powell tidaklah asing karena ia merupakan Bapak Pramuka Dunia. Secara global, Baden Powell merupakan sosok yang mendirikan organisasi kepanduan dunia.

Lantas, siapa bapak Pramuka di Indonesia?

Ternyata, bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Raja Kasultanan Yogyakarta ke-9 ini merupakan pencetus nama Pramuka dan merupakan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama di Indonesia.

Sultan HB IX resmi menyandang jabatan tersebut pada 14 Agustus 1961. Pada kemudian hari, tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka di Indonesia.

Bertepatan dengan hari lahirnya Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus, segenap satuan pendidikan dari jenjang SD dan SMP antusias menggelar Pesta Siaga dan Penggalang.

Seperti yang dilakukan oleh Pangkalan SDN 2 Tambaknegara Korwilcam Rawalo yang menggelar Persera (Perkemahan Selasa Rabu) selama dua hari. Kegiatan ini salah satu program pembelajaran atraktif yang diikuti oleh siswa kelas V dan VI.

“Kegiatan yang berlangsung tanggal 13 hingga 14 Agustus ini diselenggarakan dilingkungan sekolah dan melibatkan 44 peserta didik,” sambut Nurni Ekoyati Kepala SDN 2 Tambaknegara.

Lebih lanjut Nurni Ekoyati mengatakan bahwa upacara api unggun yang dilaksanakan oleh Pangkalan Pramuka SDN 2 Tambaknegara dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun 63 Pramuka

“Ucapan terima kasih kepada warga Tambaknegara sehingga acara ini dalam berlangsung dengan aman, lancar dan tertib. Bahwa Persera ini dimaksudkan untuk membentuk  siswa agar memiliki karakter yang baik, berkualitas yang dapat menjunjung tinggi NKRI kita. Diiringi dengan suasana malam yang sejuk, mudah-mudahan sesejuk hari kita, saya juga berpesan kepada anak-anak bahwa  Pramuka tidak kenal lelah dan tidak kenal menyerah,  yang paling lincah ya Pramuka, tak kenal menyerah itulah Pramuka,” pungkasnya (sunarto-14082024)

Related Posts

Komentar