Ramadhan Ceria Jenjang Sekolah Dasar

Ramadhan Ceria Jenjang Sekolah Dasar

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam, berbagai cara untuk menyambutnya sebagai ajang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa kerap dilakukan umat Islam untuk mengisi bulan suci yang penuh rahmat ini. Salah satunya adalah memeriahkan Bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif yang tidak lepas dari nilai-nilai religi.

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas telah menggelar kegiatan Ramadhan Ceria Jenjang Sekolah Dasar yang dilaksanakan pada hari Selasa (26/032024) bertempat di lingkungan kompleks Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Ramadhan Ceria diisi dengan tiga jenis lomba yaitu: Lomba Imla, Lomba Gambar Bercerita, dan Lomba Tek-tek Sahur, dimana masing-masing lomba tersebut diikuti 27 peserta perwakilan kecamatan se- Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. H. Joko Wiyono, M. Si. hadir secara langsung sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.

Dalam sambutannya Beliau menyampaikan ada tiga pokok dalam Kegiatan Ramadhan Ceria yaitu:

1.) Memberikan referensi kognitif tentang substansi Ramadhan agar peserta didik mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan yang merupakan salah satu dimensi dalam kurikulum merdeka yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

2.) Peserta didik agar mengenal nilai-nilai agama yang tidak lepas dari budaya bangsa.

3.) Membangun sosiometri, dimana anak-anak agar lebih mengenal satu sama lain dan mereduksi atau mengurangi bulliying.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Koordinator Korwilcam Dindik Kabupaten Banyumas, serta jajaran pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan Keputusan Dewan Juri, Hasil Lomba sebagai berikut :

A. Imla Putri
1. PWT Barat
2. Patikraja
3. Karanglewas

B. Imla Putra
1. Rawalo
2. PWT Utara
3. Karanglewas

C. Gamcer Putra
1. Tambak
2. PWT Barat
3. Sumbang

D. Gamcer Putri
1. Kedungbanteng
2. Kembaran
3. PWT Timur

E. Tek-Tek Sahur
1. Jatilawang
2. Banyumas
3. Kembaran

Related Posts

Komentar