Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global melalui Pancasila

Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global melalui Pancasila

Hari lahir Pancasila 1 Juni, ditandai dengan pelaksanaan Upacara Bendera yang dilangsungkan dengan khidmat di halaman Dinas Pendidikan, Kamis (1 Juni 2023)

Bertindak selaku Inpektur Upacara adalah Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Joko Wiyono, M.Si dan petugas upacara adalah guru-guru dari Korwilcam Purwokerto Utara.

Pancasila yang hari ini genap berusia 78 tahun sudah terbukti ampuh mempersatukan tanah air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Bupati Banyumas dalam pesan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa Indonesia yang beraneka ragam dengan nilai-nilai kesantunan, kerukunan, kejujuran, toleransi, gotong royong dan musyawarah bisa dilihat pada kelompok masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan gamblang bahwa sesungguhnya Pancasila telah menjadi Living Reality (kehidupan nyata) jauh sebelum berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia.

Bupati juga menegaskan bahwa sebagai bangsa yang lahir dari keberagaman. Kita harus belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik social, terorisme juga perang saudara. Terbukti dengan Pancasila dan UUD 1945 kita bisa terhindar dari masalah tersebut. (sunarto-01062023)

Related Posts

Komentar