“JELAJAH KEBANGSAAN”

Pekuncen, 17 Maret 2023. Suasana Jumat pagi yang cerah untuk memulai kegiatan Jambore Kebangsaan Profil Pelajar Pancasila diawali dengan kegiatan Jelajah Kebangsaan. Di tengah-tengah lingkungan alam yang masih asri, para peserta berkumpul untuk memulai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan. Acara ini diikuti oleh 10 (sepuluh) siswa yang terdiri dari 5 siswa dan 5 siswi dari 40 sekolah menengah pertama  (SMP) terpilih di wilayah Kabupaten Banyumas.

Kegiatan yang terpusat di Lapangan Desa Tumiyang Kecamatan Pekuncen, dimulai di Pos 1 dengan kegiatan Pembuatan Dragbar PMR yang diikuti oleh 2 (dua) siswa. Mereka dengan semangat membuat dragbar PMR. Masing masing peserta diberi durasi waktu 7-10 menit.

Selanjutnya, setelah pembuatan dragbar, Tim/Regu melanjutkan kegiatan Jelajah Kebangsaan dengan mengelilingi Desa Tumiyang sejauh + 2 (dua) kilometer. di Pos 2 dilanjutkan dengan kegiatan Yel-Yel Sekolah. Para peserta dengan penuh semangat melakukan yel-yel sekolah mereka, sambil memperlihatkan kreativitas dan kekompakan dalam tim/regu mereka. Setiap tim/Regu diberi waktu 1 (satu) menit untuk melakukan Yel-yel

Setelah melakukan yel-yel sekolah, tim/regu melanjutkan perjalanan menuju Pos 3 dan Pos 4, sesampainya di Pos 3 seluruh peserta berkumpul dan melakukan Pengucapan dan Menirukan Teks Pancasila dan di Pos 4 peserta melakukan Pengucapan Pembukaan UUD 1945. Mereka dengan penuh semangat mengucapkan teks tersebut dengan suara lantang dan jelas, menunjukkan betapa pentingnya kedua hal tersebut sebagai dasar negara Indonesia.

Selanjutnya, tim/regu melanjutkan perjalanan menuju pos 5 dan 6 dengan kegiatan Menyanyikan Lagu Nasional. Suara merdu dan lirik lagu yang penuh makna membuat suasana semakin meriah dan penuh semangat. Acara jelajah kebangsaan tidak lengkap tanpa Menyanyikan Lagu Daerah yang dilaksanakan di Pos 6. Suara merdu dan lenggak lenggok para siswa menambah semangat dan memeriahkan suasana di Pos 6.

Selanjutnya di Pos 7, peserta juga mengerjakan Soal Wawasan Pengetahuan Umum yang terdiri dari materi Kepramukaan, Ke-PMRan, Peyalahgunaan Narkoba dan Wawasan Lagu-Lagu Nasional Dan Daerah, sebagai bagian akhir dari rangkaian acara tersebut.

Kegiatan Jelajah Kebangsaan ini adalah sebuah upaya untuk memperkuat rasa nasionalisme dan menciptakan generasi muda yang cinta tanah air sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan diikuti oleh generasi muda yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas pada khususnya dan generasi muda di seluruh Indonesia pada umumnya, untuk memperkuat jati diri bangsa dan negara kita.

Related Posts

Komentar