Kirab Budaya Banyumas yang Tatag, Teteg dan Tutug

Kirab Budaya Banyumas yang Tatag, Teteg dan Tutug

Rangkaian agenda acara hari jadi Banyumas ke-452 hari ini, Minggu (19 Februari 2023) adalah Kirab Hari Jadi yang dimulai dari Pendopo Wakil Bupati dan berakhir di Alun-alun Purwokerto.

Menurut Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Banyumas, Wakhyono, prosesi akan diawali dengan kirab 4 (empat) pusaka berupa tombak Kiai Genjring, keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Keris Kiai Sempana Bener.

Empat pusaka yang dikirab itu, menurut Wakhyono, seperti dikutip dari laman setda Kabupaten Banyumas mempunyai makna bahwa masyarakat Banyumas memosisikan diri ditengah kehidupan masyarakat dan selalu bertumpu pada keimanan serta ketakwaan.

Salah satu yang menarik pada kirab kali ini adalah di sepanjang jalan yang dilalui kirab adalah ornamen Penjor Janur Kuning yang dibuat oleh masing-masing organisasi perangkat daerah termasuk Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan Kirab kali ini Dinas Pendidikan menyertakan ratusan peserta dari unsur pejabat eselon, kepala sekolah, korwilcam, guru dan siswa.

Cuaca yang cukup terik tidak mengurangi semangat peserta kirab yang tampak anggun dalam balutan pakaian adat Banyumasan.

Tak hanya sebatas parade kirab, Dinas Pendidikan kali ini juga menampilkan gerak tari yang disuguhkan oleh para guru yang diiringi gamelan secara langsung.

Kegiatan Kirab ini menjadi wahana untuk melestarikan seni  budaya, dan menjadikan cermin karakter wong Banyumas. Banyumas Tatag, Teteg, Tutug (sunarto-19022023)

Related Posts

Komentar