Perencanaan Berbasis Data

Perencanaan Berbasis Data

Purwokerto, bertempat di Gedung Gurinda Sarwa Mandala, Selasa (22 November 2022) sejunlah 27 orang koordinator Dapodik Kecamatan yang didampingi Koorwilcam se Kabupaten Banyumas mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Data Pokok Pendidikan tahun 2022.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh oleh para Guru Instruktur Kabupaten, pengawas dan penilik di lingkungan Dindik Banyumas

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si  menyampaikan apresiasinya atas kerja keras semua pihak dalam pengelolaan Dapodik secara berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Koordinator Korwilcam, operator, pengawas dan penilik atas dedikasinya dalam pengelolaan Data Pokok Pendidikan di Kabupaten Banyumas”, sambut Joko Wiyono.

“Basis data pokok pendidikan yang valid dan berkelanjutan akan dijadikan sebagai basis data guna pengambilan kebijakan pemerintah daerah maupun Kemdikbud”, sambungnya.

Hal ini sejalan dengan misi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Tengah tentang penyamaan persepsi terkait validitas dan keberlanjutan data pada satuan pendidikan.

Menurut Dedy Gunawan, S.Pd, M.Ed selaku nara sumber bimtek, kegiatan yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan haruslah berbasis data.

“Rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data di satuan pendidikan memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna”, ungkap Dedy.

Pada kesempatan yang sama, Andri Budianto, S.T, M.T, menekankan pentingnya penetrasi dan pengunaan platform merdeka mengajar Kemendikbud.

“Pemanfaatan platform merdeka mengajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka sangat perlu ditekankan kepada semua guru maupun kepala sekolah, seperti di Banyumas yang awalnya menduduki peringkat 31 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah saat ini bisa menempati posisi 10 besar dalam hal pemanfaatan platform merdeka mengajar”, urainya.(sunarto-22112022)

 

Related Posts

Komentar