Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP

Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP

SMP Negeri 2 Kemranjen menyelenggarakan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka (IHT IKM). Kegiatan dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Pendidikan Irawati S.E, pada tanggal 2 Juni 2022 dilanjutkan pada Senin-selasa 6-7 Juni 2022, pada hari kedua dan ketiga mendatangkan narasumber widyaprada dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa tengah ibu Sri Hartati, M.Pd.

Adapun materi yang disampaikan adalah capaian pembelajaran, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Asesemen Pembelajaran, dan Perangkat dan bahan ajar. Kegiatan dikemas dengan model ceramah diskusi dan praktik. IHT IKM diikuti oleh 44 peserta dari 14 sekolah.

Pada prinsipnya penerapan IKM dengan kategori merdeka berubah, maka satuan pendidikan dapat mengdapsi perangkat dan bahan ajar dari plafon merdeka mengajar. Adapun untuk struktur kurikulumnya sekolah juga diberikan kebebasan akan menggunakan sistem reguler atau blok begitu pemaparan dari narasumber ibu Sri Hartati, M.Pd.

Sebagai tindak lanjut dari ini peserta akan mengimbaskan/memahamkan IKM kepada rekan sejawat di satuan pendidikan masing-masing. Sebagai bentuk pendampingan dari narasumber dibentuk WA grup sebagai sarana diskusi dan zoom untuk materi pendalaman materi proyek. Hal ini mengingat materi proyek adalah materi yang dinamis sehingga secara konsep bapak ibu guru wajib menguasai.

Kegiatan ditutup pada hari selasa, 7 Juni 2022 oleh kepala SMP Negeri 2 Kemranjen, Bapak Edy Sunarto, S.Pd., dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 2 Kemranjen berharap hasil yang diterima dalam kegiatan ini menjadi langkah awal bagi satuan pendidikan dalam menerapkan IKM di sekolah masing-masing.(PKH06092022)

Related Posts

Komentar