SAFARI LITERASI BERSAMA DUTA BACA INDONESIA

SAFARI LITERASI BERSAMA DUTA BACA INDONESIA

KOMUNITAS PENULIS, PENDIDIK DAN PELAJAR NUSANTARA  gelar kegiatan Safari Literasi yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga, beberapa Kepala SMP di Kabupaten Banyumas, Perwakilan MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Purbalingga, Penulis Anggota KP3N, Penerbit SIP Publishing, Pewarta Cetak/Elektronik, dan Penulis buku SMPN 3 Sokaraja (Jum;at 24/09/21)

Kegiatan ini berhasil diselenggarakan oleh KP3N sebagai apresiasi komunitas kepenulisan bagi para penulis pendidik dan pelajar di Kabupaten Banyumas khususnya yang akhir-akhir ini sangat aktif dalam mengembangkan literasi (dunia membaca dan menulis).

Menurut M.Tejowibowo, S.Pd., selaku Kepala SMPN 3 Sokaraja, sekolahnya telah melakukan gerakan literasi yang cukup aktif. Terbukti SMPN 3 Sokaraja telah meluncurkan 30 buku pada tanggal 18 Agustus 2021 lalu. Semoga dengan kegiatan ini akan semakin banyak guru yang giat menulis.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, diwakili oleh Bpk. Indra Syamsu dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kegiatan literasi di SMP N 3 Sokaraja yang telah berhasil meluncurkan buku. Ucapan terima kasih pada para penulis yang telah ikut menyumbang buku-bukunya di perpustakaan Kabupaten Banyumas.

Sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, diwakili oleh Bpk. Riyadi Setyarsono. Beliau mengapresiasi kegiatan yang cukup besar ini. Disampaikan permohonan untuk kegiatan berikutnya bisa melibatkan banyak pihak, khususnya dunia pendidikan di Kabupaten Banyumas. Alangkah baiknya untuk menyambangi para peserta didik untuk memotivasi mereka. Secara umum kegiatan menulis sudah menjadi budaya di kalangan pendidik Kabupaten Banyumas. Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas siap memotivasi dan memfasilitasi kegiatan kepenulisan. Harapannya semoga kegiatan ini menjadi embrio kegiatan serupa hingga dimunculkan karya.

Acara dilanjutkan dengan sharing bersama Gol A Gong (Duta Baca Indonesia) dipandu oleh Indra Defandra, owner SIP Publishing. Disampaikan latar belakang mengapa SMPN 3 Sokaraja terpilih menjadi salah satu tempat yang dikunjungi Gol A Gong. Hal ini merupakan apresiasi atas prestasinya yang telah meluncurkan 30 buku (buku solo Kepala Sekolah, buku solo Guru-guru, dan Antologi Buku Siswa) pada tanggal 18 Agustus 2021 lalu. SMPN 3 Sokaraja merupakan lokasi yang terpilih untuk dikunjungi di Barlingmascakeb dan menjadi salah satu bagian dari Safari Literasi Duta Baca Indonesia, di mana mewakili sekolah-sekolah di wilayah Barlingmascakeb. Dengan rangkaian acara adalah:

  1. Tanggal 19 September 2021, Pelatihan Menulis bersama KP3N
  2. Tanggal 24 September 2021, kunjungan khusus ke SMPN 3 Sokaraja
  3. Tanggal 26 September 2021, Pelatihan Menulis Bersama MGMP SMP Bahasa Indonesia Kabupaten Purbalingga.

Sharing diawali dengan berbagi pengalaman dari Gol A Gong. Beliau menyampaikan tentang pentingnya Literasi Keluarga. Bisa diwujudkan dengan membuat perpustakaan kecil di rumah, juga pembiasaan anak-anak untuk jajan buku, bukan jajan yang lain. Juga disampaikan tentang literasi masyarakat dan literasi sekolah. Sharing juga diwarnai dengan berbagi pengalaman oleh para hadirin. Dan juga menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan literasi.

 Acara ini diliput secara langsung oleh beberapa media cetak dan GolagongTV (Dn-25092021)

Related Posts

Komentar