Gelar Karya P5 SMPN 2 Somagede

Gelar Karya P5 SMPN 2 Somagede

Gelar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) perdana dilaksanakan Oleh SMPN 2 Somagede Kabupaten Banyumas. Sejak pemberlakuan Kurikulum Merdeka diawal Tahun Pelajaran 2022/2023 ini, SMPN 2 Somagede secara efektif mengimplementasikan pembelajaran proyek P5 tersebut untuk siswa kelas 7 dan menggelar Panen Karya, pada Kamis 8 Maret 2023 di area pelataran Gedung SMPN 2 Somagede Kabupaten Banyumas.

Hadir dalam acara tersebut Komite Sekolah Yunani, Camat Somagede Drs. Saptono Suptiyanto, perwakilan dari jajaran Polsek Somagede, Danramil Somagede Kapten Inf Susilo Prasetiyo, Pengawas Pembina SMPN 2 somagede Aji Kusmanto, S.Pd. M.Hum, juga Kepala Desa Somagede Rawan, beserta tokoh masyarakat, Babinsa Somagede Sertu Daryo, para tamu undangan dari sekolah lain serta orang tua/ wali murid.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMPN 2 Somagede Mistina Hidayati M. Pd menjelaskan, tentang Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang menekankan adanya hasil proyek P5 bukan hanya pada hasil akhir, namun justru yang terpenting adalah pada proses perkembangan anak pada dimensi pelajar Pancasila. Pembelajaran projek harus mampu memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai pribadi yang aktif, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar serta memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar.

Dalam kesempatan yang sama Pengawas Pembina, Aji Kusmanto menyatakan, rasa bangga atas digelarnya acara ” Panen Karya ” Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, ini kali pertama yang diadakan oleh SMPN 2 Somagede namun hasilnya sungguh membanggakan, dengan digelarnya Panen Karya ini akan membawa efek baik kepada anak didik pada karakter sesuai profil pelajar Pancasila, ujarnya.

Sedangkan Camat Somagede, Drs. Saptono Suptiyanto sangat mengapresiasi atas Pelaksanaan Gelar Panen Karya ini. Semoga dengan adanya kurikulum baru ini, akan berdampak lebih baik terhadap anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa ini, harapnya. 

Pada acara Panen Karya ini dipertunjukan tidak kurang dari 67 produk buah karya siswa yang tersebar dalam 8 stand. Ragam karya yang dipamerkan, mulai dari hasil karya tulis, seni gambar, maket lingkungan sekolah, produk kuliner tradisional, olahan jahe dalam berbagai produk makanan dan minuman, serta lukisan dinding yang dapat dilihat oleh pengunjung pada tembok keliling sekolah. 

Pada sesi pengenalan hasil karya, semua tamu undangan dipersilahkan untuk melihat, membeli, dan bertanya langsung kepada anak didik tentang pembuatan dan pemasaran produk.

Acara dimeriahkan pula dengan pementasan tarian kreasi yang diciptakan oleh guru seni tari, Tia Ayu Wulandani, S.Pd. dengan judul “Pelangi Nusantara”, dengan iringan musik tradisional kentongan yang dimainkan siswa. Tidak kalah menariknya tampilan khusus tari kreasi Pelajar Pancasila oleh guru dan karyawan SMP Negeri 2 Somagede, sebagai penutup kegiatan.

(Mistina Hidayati)

Related Posts

Komentar