Bangun Minat Belajar Siswa melalui Kampus Mengajar

Bangun Minat Belajar Siswa melalui Kampus Mengajar

Sebanyak 223 Mahasiswa Program Kampus Mengajar dilepas oleh Kepala Dinas Pendidikan Drs. Joko Wiyono, M.Si di halaman kantor Dinas Pendidikan, Senin (13 Februari 2023). Sejumlah perguruan tinggi yang ikut berperan aktif pada program ini diantaranya adalah Unsoed, Unwiku, UMP, Amikom Purwokerto, UPI Bandung, UTP Surakarta, dan UNNES Semarang

Program Kampus Mengajar Angkatan 5 tahun 2023 ini akan menugaskan para mahasiswa yang telah lolos seleksi pada 54 sekolah jenjang SD dan SMP dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dari bulan Februari hingga Juni 2023.

Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa sekolah adalah wiyata mandala dalam konteks ketahanan sekolah, dimana guru dan mahasiswa adalah aktor di dalamnya.

“Guru adalah profesi mulia, dan semua mahasiswa yang hadir disini akan menjadi ‘guru’ ditempat tugas masing-masing”, sambut Joko Wiyono.

Tiga pesan khusus kepada para mahasiswa program Kampus Mengajar yakni jaga attitude, berkreasi ditempat tugas dan lakukan komunikasi, konsultasi dan koordinasi secara aktif baik dengan kepala sekolah maupun dengan dosen pembimbing lapangan.

Ria Fitriani, mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan dari Unwiku menyatakan kesiapan dan harapannya terhadap program ini.

“Semoga kegiatan ini akan benar-benar berdampak bagi para siswa di tempat kami bertugas di SD Kediri Karanglewas”, ucapnya.

Sully, dosen pembimbing lapangan dari Unwiku Purwokerto juga menyampaikan harapannya atas kesuksesan dari Kampus Mengajar ini.

“Ini akan menjadi tempat belajar serta mengimplementasikan ilmu bagi para mahasiswa kampus mengajar, tidak hanya dikampus, tapi berinteraksi langsung dengan para siswa di sekolah”, ungkap Sully

Seperti dilansir dari Kemendikbudristek, program Kampus Mengajar bertujuan membantu meningkatkan pemerataan pendidikan, meningkatkan literasi numerasi peserta didik, meningkatkan empati mahasiswa, membangun wawasan dan keterampilan berpikir, membangun jiwa kepemimpinan mahasiswa serta memberikan inspirasi belajar juga mengenalkan budaya kepada para siswa (snrt-13022023)

Related Posts

Komentar