5 Siswa Banyumas Raih Penghargaan Festival Tunas Bahasa Ibu

5 Siswa Banyumas Raih Penghargaan Festival Tunas Bahasa Ibu

Sebanyak 5 (lima) siswa dari jenjang SD dan SMP berhasil meraih juara dalam Lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI 2022) Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh  Balai Bahasa Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Banyumas Drs. Joko Wiyono, M.Si mengundang dan memberikan apresiasi secara langsung kepada para siswa peraih prestasi tersebut, Senin (14/11/2022) di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

“Kami sampaikan selamat atas prestasi yang telah diraih, tingkatkan terus, dan ditahun besok harus menjadi juara I”, Ucap Joko Wiyono.

Dalam FTBI 2022 Kabupaten Banyumas berhasil mendapatkan juara 2 dalam Lomba Mendongeng Putra atas nama Ananda Fairuz Azam dari SDN 1 Kranji.

Juara 2 juga diraih oleh Nikita Dwi Mariana dari SDN 2 Pliken dalam Lomba Membaca Geguritan Putri.

Untuk jenjang SMP Lomba membaca Aksara Jawa Putra mendapatkan Juara Harapan I atas nama Roni Samsul dari SMPN 2 Somagede.

Juara Harapan I juga diraih dalam kategori Lomba Menulis Geguritan Putra atas nama Evan Alif Ramadhani dari SMPN 1 Sokaraja.

Untuk kategori Lomba Pidato Putri juga berhasil mendapatkan peringkat Harapan 2 atas nama Laras Permata Rufaidah yang juga berasal dari SMPN 1 Sokaraja.

Ririen Setya Rini, S.Pd selaku Kepala SDN 2 Pliken Kembaran yang juga selaku Pembimbing Lomba merasakan cukup puas sekaligus menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas diselenggarakannya Festival ini

“Kesannya luar bisa sekali.. Pemerintah dalam menggali Bahasa-bahasa  yang ada di Jawa Tengah khususnya, dan Alhamdulilah.. kami juga bisa mengangkat Bahasa Banyumasan atau lebih terkenal dengan Bahasa Ngapak”, tutur Rini.

“Semula kami pesimis karena.. takut juri di Propinsi apa tahu bagaimana indahnya bahasa Ngapak?”,  dan alhamdulilah.. Bahasa Banyumasan juga diperhitungkan di Jawa Tengah,  terbukti siswa kami juara 2 Tingkat Propinsi jateng di lomba membaca geguritan Putri”, pungkasnya. (sunarto-14112022)

Related Posts

Komentar