Training of Trainer (ToT) Penggunaan Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2019

Training of Trainer (ToT) Penggunaan Aplikasi e-Rapor SMP Tahun 2019

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan dan pemerintah.

Penilaian hasil belajar bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan serta melaporkan hasil penilaian.

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkait dengan hal tersebut, sejak tahun 2017 Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP versi 1.0 yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya. Namun sejalan dengan perkembangan kebijakan penilaian, Dapodik dan kebutuhan di sekolah, maka saat ini telah dilakukan upaya pengembangan dan penyempurnaan.

“Hingga saat ini e-Rapor SMP telah mengalami penyempurnaan dari versi 1.0, 1.1 1.2 dan versi 2.0 sebagai versi terbaru saat ini” ungkap I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd, narasumber sekaligus Tim Pengembang e-Rapor SMP.

Narasumber kali ini adalah Arie Rinaldy, Hendriyanto, Nurul Hudaeri dan I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd. Materi yang disampaikan oleh narasumber adalah :

  1. Instalasi e-Rapor SMP versi 2.0
  2. Penyiapan Data Referensi oleh Admin
  3. Setting Jaringan
  4. Prosedur Input Nilai oleh guru Mata Pelajaran (penyiapan referensi, perencanaan penilaian, input nilai, kirim nilai proses deskripsi)
  5. Prosedur input data dan nilai oleh guru BK
  6. Prosedur input data dan nilai oleh wali kelas
  7. Prosedur cetak rapor (Tengah Semester, Akhir Semester dan Akhir Tahun) sampai dengan Sinkronisasi dengan Dapodik
  8. Trouble Shooting

Tahun 2019 ini Direktorat Pembinaan SMP melakukan kegiatan Training of Trainer (ToT) penggunaan aplikasi e-Rapor untuk 200 SMP dari 200 kabupaten/kota di 34 provinsi serta 34 orang perwakilan dari masing-masing LPMP provinsi. Kegiatan dibagi menjadi 4 Region, yaitu: Jakarta, Medan, Yogyakarta dan Makasar.

Kabupaten Banyumas masuk ke dalam Region Yogyakarta yang dilaksanakan di Hotel Grand Quality Yogyakarta pada Selasa-Jumat tanggal 21 s.d 24 Mei 2019. Yang diundang adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Operator Dapodik.

(pkh-28052019)

Related Posts

Komentar